Analisis Alur Proses Pelayanan Administrasi Terpadu Rawat Jalan di Rumah Sakit RK Charitas Tahun 2015
Abstract
Hasil penelitian didapatkan :Alur proses Pelayanan Administrasi Terpadu rawat jalan (tanpa pemeriksaanpenunjang) melibatkan 6 unit terkait yaitu: Counter Pendaftaran, Nurse Station, Poliklinik, Counter Farmasi, Instalasi Farmasi Rawat Jalan dan Counter Kasir.
Tiga masalah utama yang ditemukan pada proses PelayananAdministrasi Terpadu rawat jalan adalah pengisian formulirdata umum pasien baru yang banyak dan membingungkan di counter pendaftaran, lamanya waktu tunggu dokterdipoliklinik dan lamanya waktu tunggu obat di Farmasi rawatjalan.
Indikator proses pelayanan Rawat Jalan didapatkan nilaikriteria Perfectly Order Percentage documented dan fillable < 90% berarti tidak terpenuhi, dan nilai waktu tunggu rawatjalan didapatkan 80% tidak memenuhi standard pelayananminimal.
Value stream analisis proses Pelayanan Administrasi Terpadurawat jalan saat ini menunjukkan dalam alur proses terjadi 22kegiatan yang dilakukan petugas dan pasien. Sebagian besarbukan waktu yang sebesar 85%, dengan total waktu proses 149 menit.
Usulan perbaikan proses Pelayanan Administrasi Terpadurawat jalan yang lebih sederhana terdiri dari 21 kegiatan, waktu bukan kegiatan turun menjadi 44% dan dengan total waktu proses sebesar 78 menit.
Full Text:
PDFReferences
Abey, D.C. Outpatient Services, HFMA, McGraw-Hill, New York, 1998
Azrul Azwar, (1996) Pengantar Administrasi kesehatan, edisi Ketiga, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta 1996.
Baley, MS, Imaging and Information Management, Hospital Management International, 1995
Boy S. Sabarguna, (2005) Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Sistem Informasi, Konsorsium RS Islam Jateng, Yogyakarta, 2005.
Bustami, (2011) Penjaminan mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya, Penerbit Erlangga, Jakarta 2011.
Doyle, O, Austin, CJ & Tucker, SL, Analysis manual for Hospital Information Systems, Alpha Press, Michigan, 1980
Institute of Medicine Committee on Quality of Health Care in America. (2001). Crossing the Quality Chasm: A New Health System for the 21st Century. Washington, DC: National Academies Press.
Laksono Trisnantoro, ( 2004) memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit, Penerbit Gajah mada University Press, Yogyakarta, 2004
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Keputusan Menteri Kesehatan Republic Indonesia, Nomor 1333/Menkes/SK/XII/1999/Tentang Standar Pelayanan Rumah sakit.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Keputusan Menteri Kesehatan Republic Indonesia, Nomor 129/Menkes/SK/II/2008/Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah sakit.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Keputusan Menteri Kesehatan Republic Indonesia,2011,Juknis Sistem Informasi Rumah sakit.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Keputusan Menteri Kesehatan Republic Indonesia,2012,Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Rumah sakit.
Martin, Karen, (2014), Value Stream Map Case Studies, pada, http://www.nhsconfed.org/Publications/reports/Pages/Leanthinking.aspx, diakses tanggal 23 Maret 2015.
Nugroho, D, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, Pelatihan Sistem Informasi Rumah Sakit, Cimacan, 1985.
Radnor, Z.J., Holweg, M. and Waring, J.(2012). Leanin Healthcare: The Unfilled Promise, Social Science & Medicine, 74 (3), pp.364-371.
Rochmanadji Widajat, (2009). Being A Great And Sustainable Hospital, Beberapa Pitfall Manajemen Yang Harus Diwaspadai, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2009.
Seimens, R & Martueg, CH & Greenwood, F, Operation Research, Planning Operation and Information System, The Fire Press, New York, 1989.
Siswanto, management Science, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1990.
Soekidjo Notoatmodjo, (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi kedua, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta 2012.
Wolper, I,F, Administrasi Layanan Kesehatan, Buku Kedokteran EGC, Jakarta, 1995.
DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v9i1.5575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.