| Journal Title | Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI) |
| E-ISSN | 2685-6328 |
| P-ISSN | 2685-6298 |
| DOI Prefix | 10.52643 by Crossref |
| Publisher | LPPM Universitas Respati Indonesia |
| SK Akreditasi | (Sinta 4) Nomor 230/E/KPT/2022, Mulai dari Volume 6, Nomor 2 Tahun 2022 s/d Volume 11, Nomor 1 Tahun 2027 |
Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta.
Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI) iniĀ terbit 4 kali setiap tahun, yakni pada bulan Februari, April, Agustus dan Oktober.
Penulis yang berminat dapat mengirimkan naskah dengan memperhatikan panduan penulisan. Jika naskah yang dikirim tidak sesuai dengan panduan atau ditulis dengan format yang berbeda, maka naskah tersebut akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Redaksi hanya akan menerima naskah yang sesuai dengan format yang telah ditentukan serta tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.

Vol 9, No 4 (2025): Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)
Table of Contents
Articles
|
Analisa Indikator Mutu IGD Terhadap Kepuasan Pasien di IGD Rumah Sakit Bhayangkara Mataram
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6645
Oktaviana Rinduan, Atik Kridawati, Dedy Nugroho
|
394 - 408
|
|
Pengaruh Fasilitas Kesehatan Dan Kinerja Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Kualitas Pelayanan Pada Unit Kebidanan Di RS Bhayangkara TK.II Kediri
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6649
Agung Hadi Wijanarko, Sumijatun Sumijatun, Aliefety Putu Garnida
|
409 - 425
|
|
Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6730
Firmansyah Dwi Anggara, Yuli Prapanca Satar, Titus Indrajaya
|
426 - 439
|
|
Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Di Rsud Haji Abdoel Madjid Batoe Batang Hari
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6736
Ibnu Rahmmat Muda, Yeny Sulistiyowati, Ismail Sangadji
|
440 - 454
|
|
Analisis Hubungan Antara Faktor Internal Individu Dengan Kelelahan Kerja Pada Pegawai IGD Rumah Sakit Islam Al Muchtar Karawang
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6731
Shinta Gasenova, Aliefety Putu Garnida, Yaya Aria Santosa
|
455 - 462
|
|
Pengaruh Budaya Kerja Dan Job Burnout Tenaga Medis Dan Tenaga Kesehatan Terhadap Budaya Keselamatan Pasien Di IGD RS Mitra Plumbon Cirebon
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6732
Ismatul Maula, Yanuar Jak, Dicky Yulius Pangkey
|
463 - 480
|
|
Evaluasi Implementasi Manajemen Peralatan Medik di Rumah Sakit Sukmul Sisma Medika Sesuai Dengan Instrumen Akreditasi Kementerian Kesehatan Tahun 2024
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6737
Diana Putri Subroto, Yeny Sulistiyowati, Supardjo Supardjo
|
481 - 492
|
|
Evaluasi Pembiayaan,Regulasi,Kolaborasi DanStrategiPeningkatanKualitasPelayanan ForensikSertaMedikolegalDiRsBhayangkaraTk . IPusdokkesPolriTahun202
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6733
Agung Widjajanto, Cicilia Wndyaningsih, Cicilia Widyaningsih
|
493 - 511
|
|
Analisis Faktor Penyebab Selisih Negatif Tarif INA-CBG Dan Tarif Rumah Sakit Kasus Sectio Caesarea Di Instalasi Kebidanan Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Banjarmasin
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6734
Muhammad El Yandiko, Yanuar Jak, Ahdun Trigono
|
512 - 525
|
|
Determinan Yang Mempengaruhi Persepsi Waktu Tunggu Pasien Di Poli Penyakit Dalam Di RS Permata Cibubur Tahun 2025
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6735
Silmi Kaafah, Yuli Prapanca Satar, Nurminingsih Nurminingsih
|
526 - 552
|
|
Ekonomi Kesejahteraan dalam Sistem Kesehatan: Kajian Literatur terhadap Efisiensi dan Keadilan Akses di Negara Berkembang
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6532
Muhammad Rafli Ramadhan
|
553 - 570
|
|
Pengaruh Penggunaan Electronic Medical Record (Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan) Terhadap Kepuasan Pengguna Di Rsu Kasih Ibu Saba, Gianyar
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7219
Carissa Ayu ZR, Susiana Nugraha, Haidar Istiqlal
|
571 - 595
|
|
Pengaruh Beban Kerja, Kompetensi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Perawatpada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Kupangtahun 2025
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7090
Riskadewi Agatha Bhadjowawo, Grace Sabrina Rumengan, Sumijatun, Sumijatun,, Mariana Mariana
|
596 - 603
|
|
Hubungan Komunikasi, Kompetensi, dan Sarana Prasarana Terhadap Waktu Tunggu Pelayanan Resep Poli Jantung dan Pembuluh Darah di RS Hermina Bekasi
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7091
Thania Lathifatunnisa Putri Agusti, Enrico Adhitya Rinaldi, Tinon Ambarini, Yulianah Yulianah
|
604 - 618
|
|
Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Poliklinik Saraf Rumah Sakit Patria
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7092
Risca Susanti, Cicilia Windyaningsih, Ahdun Trigono
|
619 - 631
|
|
Perbandingan Biaya Total Herniorepair Dengan Dan Tanpa Mesh Pada Pasien JKN Dengan Diagnosis Hernia Inguinalis Reponibel Di RS Tugu Ibu Depok Tahun 2023
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7093
Iskandar Iskandar, Eka Yoshida, Yuli Prapancha Satar
|
632 - 644
|
|
Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Response Time Perawat Pada Triase Di IGD Rs Bhayangkara Tk I Pusdokkes Polri
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7094
Hambektanuhita Hambektanuhita, Cicilia Windiyaningsih, Ahdun Trigono
|
645 - 665
|
|
Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Work Live Balance Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tk.I Pusdokkes Polri
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7095
Hisbulloh Huda, Dedy Nugroho, Eka Yoshida
|
666 - 693
|
|
Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Kunjungan Pasien di RS. Bhayangkara TK II Jambi
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7096
Herawati Herawati, Alih Germas Kodiyat, Eka Yoshida
|
694 - 710
|
|
Analisis Persepsi Pasien Dengan Menggunakan Servqual Model Mengenai Pelayanan Rawat Jalan Di Rs Bhayangkara Tarakan Tahun 2024
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7097
Nanang Mulyadi, Alih Germas Kodyat, Apri Sunadi
|
711 - 735
|
|
Pengaruh Stigma Rumah Sakit Dan Mutu Pelayanan Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening Di Rsud Solok Selatan
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7098
Alan Budi Prasetia, Sumijatun Sumijatun, Grace Rumengan
|
736 - 754
|
|
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengisian Informed Consent Tindakan Bedah Di Instalasi Bedah Sentral Rs Mitra Plumbon Cirebon
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7099
Christien Iwan, Yanuar Jak, Dicky Yulius Pankey
|
755 - 771
|
|
Determinan Yang Mempengaruhi Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Pada Perawat Rawat Inap Rsud Cilincing
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7100
Indah Rachmawati, Yuli Prapanca Satar, Titus Indrajaya
|
772 - 781
|
|
Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara TK II Sartika Asih Kota Bandung
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7106
Harry Kamijantono, Alih Germas Kodyat, Aliefety Putu Garnida
|
782 - 808
|
|
Christina Susilawaty Siregar, Ahdun Trigono, Enrico Adhitya Rinaldi
|
809 - 819
|
|
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Beban Kerja, Kompensasi, Motivasi, Perilaku Kerja Inovatif dan Kepuasan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Perawat di RS Bhayangkara TK. I Pusdokkes Polri
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7109
Linda Rosalina P, Cicilia Windiyaningsih, Yaya Aria Santosa
|
820 - 837
|
|
Studi Analisis Persepsi Pasien Mengenai Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Karya Medika Bantar Gebang Tahun 2024
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7110
Rifardi Rifiar Arifin Abidin, Ahdun Trigono, Dicky Yulius Pangkey
|
838 - 857
|
|
Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di RSAU dr. M. Salamun
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6244
Astri Nur Fadilah, Ai Susi Susanti
|
858 - 870
|
|
Evaluasi Penerapan Rekam Medis Elektronik Dengan Pendekatan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6250
Monica Sri Rejeki Suparlan, Vina Putri Patandung, Yulita Rengkung
|
871 - 882
|
|
Pengaruh Bauran Pemasaran 10p (Mega Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rsia Ananda Lubuklinggau
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7185
M. Taufan Lutfi A, Lili Indrawati, Susiana Nugraha
|
883 - 913
|
|
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien JKN di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Banjarbaru
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7201
Sophia Yustina, Ekowati Rahajeng, Lili Indrawati
|
914 - 925
|
|
Analisis Strategi Penerapan Lima Hari Kerja Terhadap Karyawan Non-Shift Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7202
Madzhar Fasni, Sumijatun Sumijatun, Sakti Brata Ismaya
|
926 - 939
|
|
Pengembangan Model Perencanaan Jenjang Karier Berbasis Kompetensi: Studi Kasus Rumah Sakit Pendidikan Unhas, Indonesia
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6075
nur alam, Nur Arifah, Imung Yulistina, Farmady Hadianto, Ummu Kalsum, Andi Indahwaty AS
|
940 - 956
|
|
Analisis Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Resep dengan Jumlah dan Jenis Resep, serta Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rs Mary Cileungsi Hijau
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7140
Stefanus Kukuh Halomoan, Enrico Adhitya Rinaldi, Tinon Ambarini3
|
957 - 967
|
|
Analisis Efektifitas Penerapan Adult Early Warning Score Pada Pasien Dewasa Di Unit Rawat Inap Dewasa Rsud Oku Timur Tahun 2025
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7142
Fresca Yudiman Utama, Grace Rumengan, Laila Ulfa
|
968 - 985
|
|
Analisis Pengelolaan Linen Terhadap Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Di Rumah Sakit Islam Al Muchtar Karawang
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7143
Safa Nabila Putri, Ani Nuraini, Purwanti Aminingsih
|
986 - 1003
|
|
Yuliati Permatasari, Aliefety Putu Garnida, Ismail Sangadji
|
1004-1012
|
|
Analisa Kebutuhan Perawat Berdasarkan Beban Kerja dengan Menggunakan Metode Time And Motion Study pada Pediatric Intensive Care Unit di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7145
Dewi Ayunanda, Elise Garmelia, Thika Marliana
|
1013-1025
|
|
Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Work Live Balance Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Tk.I Pusdokkes Polri
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7146
Hisbulloh Huda, Dedy Nugroho, Eka Yoshida
|
1026-1052
|
|
Evaluasi Penggunaan Electronic Medical Records (EMR) Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara TK II Surabaya Tahun 2025
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7147
Nadya Noor Mulya Putri Mulya Putri, Tri Suratmi, Sumijatun Sumijatun
|
1053-1063
|
|
Pengaruh Penggunaan Rekam Medis Elektronik (Rme) Dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention (TI) Tenaga Perawat Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6739
Flyndie Simon, Bernard Tirto Widjaja, Wani Devita Gunardi
|
1064-1076
|
|
Analisis Faktor Penyebab Burnout Pada Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Umum Kasih Ibu Denpasar
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7203
Odilia Dea Novena, Nurcahyo Andarusito, Thika Marliana
|
1077-1093
|
|
Pengaruh Kepatuhan Minum Obat, Dukungan Keluarga, Aksesibilitas, dan Anggaran dalam Peningkatan Kualitas Hidup bagi Pasien Skizofrenia di RS Bhayangkara Surabaya
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7204
Atik Ida Susana, Eka Yosida, Atik Kridawati
|
1094-1112
|
|
Strategi Bauran Pemasaran Pada Masa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Keputusan Pasien Memilih Layanan di RSUD Asa Kota Depok
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7075
Muhamad Riza Sativa Setiadi, Dedy Nugroho, Nurminingsih Nurminingsih
|
1113-1121
|
|
Evaluasi Pelayanan Geriatri Berdasarkan Standar Akreditasi Kemenkes RI (STARKES) di Rumah Sakit Yarsi Tahun 2025
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7076
Linda Fratiwi, Dedy Nugroho, Yuli Prapanca Satar
|
1122-1134
|
|
Pengaruh Komunikasi dan Kedisiplinan Tenaga Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Poli Rawat Jalan di Rumah Sakit Unimedika Setu Bekasi Tahun 2024
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7077
Adzkia Risky Al Insyiraah, Dicky Yulius Pangkey, Tinon Ambarini
|
1135-1149
|
|
Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Intensif Terhadap Budaya Keselamatan Pasien Rumah Sakit Umum Unimedika Setu Bekasi Tahun 2024
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7078
Aulia Rahma Ning Tyas, Dicky Yulius Pangkey, Tinon Ambarini
|
1150-1154
|
|
Peran Human Resources Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja Sdm Pada Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Mas Kadiran Medan
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7079
Taufik Ismail, Yanuar Jak, Alih Germas Kodyat
|
1155-1171
|
|
Hubungan Komunikasi, Ketersediaan Fasilitas, Pengembangan Karir dan Kompensasi dengan Kinerja Perawat di RS Bhayangkara Tk II Moh Hasan Tahun 2024
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7080
Maulini Rizky, Nurcahyo Andarusito, Thika Marliana
|
1172-1181
|
|
Analisis Ketersediaan Obat dan DampaknyaTterhadap Pasien di Instalasi Farmasi RSUD Elia Waran Manokwari Selatan Tahun 2024
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.7081
Dwi Ris Andriyanto, Cicilia Windiyaningsih, Aliefety Putu Garnida
|
1182-1188
|
|
Strategi Pengembangan Pelayanan Fisioterapi Dengan Pendekatan Balance Scorecard Di Rumah Sakit Radjak
DOI : 10.52643/marsi.v9i4.6947
Lianna Panjaitan, Eka Yoshida, Supardjo Supardjo
|
1189-1197
|
.pdf_2.png)











