Peningkatan Kualitas Pelayanan Farmasi Melalui Pendekatan Lean Management di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum M. Yunus Bengkulu

Ferdi Ferdi, Ani Nuraini, Dedi Nugroho

Abstract


Pelayanan farmasi yang bermutu di unit pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit merupakan indikator untuk menilai kinerja rumah sakit dalam hal kendali mutu dan biaya. Pelayanan Kefarmasian merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan menyelesaikan masalah terkait Obat. Tuntutan pasien dan masyarakat akan peningkatan mutu Pelayanan Kefarmasian, mengharuskan adanya perluasan dari paradigma lama yang berorientasi kepada produk (drug oriented) menjadi paradigma baru yang berorientasi pada pasien (patient oriented) dengan filosofi Pelayanan Kefarmasian (pharmaceutical care). Penerapan Lean Hospital Pharmacy dapat dilakukan untuk menjamin terjadinya efisiensi di setiap tahap praktik farmasi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penggunaan konsep lean untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Depo Farmasi Rawat jalan RSUD M Yunus Bengkulu. Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian operasional dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data kualitatif dengan wawancara menggunakan kuesioner kepada petugas dan pasien di bagian depo farmasi Rawat jalan RSUD Dr. M.Yunus Bengkulu pada bulan Januari 2023. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif sebagai bahan pertimbangan pada proses mendesain usulan perbaikan proses pelayanan dengan pendekatan lean hospital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu sesuai dengan SPO (Standar Prosedur Operasional) yang ada. VAR untuk proses pelayanan pasien dengan resep obat non racikan adalah 29%, sedangkan VAR untuk proses pelayanan pasien dengan resep obat racikan adalah 25%. Identifikasi 8 jenis waste yang dilakukan menggunakan kuesioner yang terjadi di Instalasi Farmasi RSUD M.Yunus Bengkulu, terdapat 3 waste kritis tertinggi dalam proses pelayanan di Depo Farmasi Rawat Jalan RSUD M.Yunus Bengkulu yaitu motion (17,32 %), overprocessing (14,48%), dan inventory (14,20%). Penilaian Risiko akar penyebab waste motion, yaitu mengenai lay out Depo Farmasi Rawat Jalan yang harus disesuaikan, agar mengurangi gerakan-gerakan yang dapat memperlambat saat penyiapan resep. Untuk menjamin pelayanan dapat berjalan secara konsisten dan berkelanjutan, diusulkan usulan perbaikan yang dibagi kedalam tiga tahap, yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Kata kunci: pelayanan farmasi, Instalasi Farmasi, lean management

 


Full Text:

PDF

References


Elawati, D. (2022). Pengaruh Implementasi Lean Hospital terhadap Length of Stay di Rumah Sakit : Scoping Review. 6, 11744–11755.

Elawati, D., Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, P., & Kesehatan Masyarakat, F. (2021). Pengaruh Implementasi Lean Hospital terhadap Length of Stay di Rumah Sakit : Scoping Review.

Firman, & Triyani. (2019). Analisis Waste (Pemborosan) pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Menggunakan Pendekatan Lean Management di RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Handoyo, D. (2019). Analisis Pengaruh Penerapan Lean Hospital Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta.

Joko Pribadi, F., & Ratnawati, T. (2020). Analisis Modeling Lean Management Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Operasional Rumah Sakitpemerintah.

Kurniasih, D., & Pribadi, F. (2021a). Implementasi Lean Hospital Dalam Meningkatkan Pelayanan Rawat Jalan Poliklinik Penyakit Dalam ( Studi Kasus D I Rumah Sakit “ X ” Indonesia ). 28, 1–14.

Kurniasih, D., & Pribadi, F. (2021). Motif Dan Kepuasan Penggunaan Performance (Vol. 28).

Kusdarmadji, K., Pribadi, F., & Permana, I. (2021). Implementation of Lean Management to Reduce Waste in Hemodialization Installation of QIM Batang Hospital. Jurnal Profesi Medika : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 15(2). Https://doi.org/10.33533/jpm.v15i2.3671

Kusdarmadji, Pribadi, F., & Permana, I. (2021). Implementation Of Lean Management To Reduce Waste In Hemodialization Installation Of Qim Batang Hospital. 15(2), 166–170.

Pribadi, F. J., & Ratnawari, T. (2020). Analisis Modeling Lean Management Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Operasional Rumah Sakit Pemerintah Fancholiq. Jurnal Ekonomi Akuntasi, 5(1), 84–103.

Rochimah, S. F., & Mudayana, A. A. (2018). Waste Kritis Pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro : Lean Management Approach. 1(1), 81–100.

Setianto, B., Adriansyah, A. A., Yekti, A., Asih, P., Studi, P., Masyarakat, K., & Kesehatan, F. (2020). Implementasi Manajemen Lean Di Unit Farmasi Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani.

Siti Feriani, R., & Ahmad Ahid, M. (2018). Waste Kritis Pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro : Lean Management Approach.

Sugiyono. (2019). Rumusan Masalah, Fokus Penelitian, Judul Penelitian Dan Teori Dalam Penelitian Kualitatif.

Taufiqurrohman, Annisa Rahma. Fitri Zulma, Grevy, A., & Agus Edi, S. (2020). Evaluasi Pengelolaan Obat dan Identifikasi Waste di Instalasi Farmasi dan Sterilisasi RS Akademik UGM.

Taufiqurrohman, Zulma, A. R. F., Anggraeni, G., & Sucipto, A. E. (2021). Evaluasi Pengelolaan Obat dan Identifikasi Waste di Instalasi Farmasi dan Sterilisasi RS Akademik UGM. Journal of Hospital Accreditation, 3, 22–26.

Tria Yuganingsih, Gunawan P. Widodo, & Opstaria Saptarini. (2021). Pendekatan Lean Hospital untuk Meminimalkan Waste di Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali.

Triyani, Firman, S.KM., M. P. (2021). Analisis Waste (Pemborosan) pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Menggunakan Pendekatan Lean Management di RS PKU Muhammadiyah Bantu. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan Email.

Ulfah, M., Trenggonowati, D. L., Arina, F., Ferdinant, P. F., & Sonda, A. (2022a). Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan menggunakan metode Servqual dan Lean healthcare. 8(1).

Yani, S. A., Setianto, B., Adriansyah, A. A., Yekti, A., & Asih, P. (2020). Implementasi Manajemen Lean di Unit Farmasi Rumah Sakit Islam. 8, 81–87.

Yuganingsih, T., Widodo, G. P., & Saptarini, O. (2021). Pendekatan Lean Hospital untuk Meminimalkan Waste di Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(November), 53–56.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i2.3034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats