Hubungan Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Kewajaran Harga, dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pasien Pada Unit Rawat Inap RS Azra Kota Bogor Provinsi Jawa Barat
Abstract
Persaingan di industri pelayanan kesehatan semakin tinggi, karena tingginya persaingan, rumah sakit harus memiliki strategi yang tepat agar dapat bersaing, salah satu upaya yang diperlukan yaitu menjaga dan meningkatkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien memberikan peran kiritis dalam industri jasa Kesehatan, karena pasien yang puas cenderung memiliki keinginan untuk kembali (revisit) dan positive word of mouth. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan Kepercayaan, Kewajaran harga, Kualitas pelayanan dan Lingkungan fisik terhadap Kepuasan Pasien pada unit Rawat inap Rumah Sakit Azra Kota Bogor. Penelitian ini merupakan survey, dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien pada unit rawat jalan dengan total sampel
175 pasien. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Metode analisis menggunakan metode statistik Analisis Regresi Berganda digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai koefisien R Square sebesar 86,5% variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh variabel Kepercayaan, Kewajaran harga, Kualitas Pelayanan dan Lingkungan fisik. Berdasarkan analisa parsial terdapat berhubungan secara signifikan dan positif antara kepercayaan terhadap Kepuasan Pasien (P-value = 0,023), terdapat berhubungan secara signifikan dan positif antara Kewajaran harga terhadap Kepuasan Pasien (P-value = 0,000), terdapat berhubungan secara signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pasien (P-value = 0,001), terdapat berhubungan secara signifikan dan positif antara lingkungan fisik terhadap Kepuasan Pasien (P-value = 0,010). Kesimpulan penelitian terdapat berhubungan secara signifikan dan positif antara Kepercayaan, Kewajaran harga, Kualitas pelayanan dan lingkungan fisik terhadap Kepuasan Pasien pada pasien rawat inap Rumah Sakit Azra Bogor. Sehingga managemen RS perlu membangun image yang baik sehingga kepercayaan pasien meningkat, harga yang kompetitif dan tidak lebih mahal dari RS lainnya, kualitas pelayanan yang prima dan lingkungan fisik yang membuat pasien nyaman berada di lingkungan rumah sakit.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kepercayaan, Kewajaran harga, Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik
Full Text:
PDFReferences
O. (2019), "The impact of perceived price justice and satisfaction on loyalty: the mediating effect of revisit intention", Tourism Review, Vol. 74 No. 3, pp. 443-
https://doi.org/10.1108/TR-02-
-0025
Cheng, Xusen & Fu, Shixuan & de Vreede, Gert-Jan. (2017). Understanding trust influencing factors in social media communication: A qualitative study. International Journal of Information Management. 37.
1016/j.ijinfomgt.2016.11.009.
Daramola, Oluwaseun., Adeniran, Adeyinka & Akande, Tanimola. (2018). Patients' Satisfaction with the Quality of Services accessed under the National Health Insurance Scheme at a Tertiary Health Facility in FCT Abuja, Nigeria..
El Haddad, Rania & Hallak, Rob & Assaker, Guy. (2016). Price fairness perceptions and hotel customers' behavioral intentions. Journal of Vacation Marketing. 21.
1177/1356766715573651.
Elizar, C., Indrawati, R., & Syah, T.Y. (2020). Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Trust, and Customer Loyalty in Service of Paediatric Polyclinic Over Private H Hospital of East Jakarta, Indonesia.
Fachmi, Muhammad & Modding, Basri & Kamase, Jeni. (2020). The Mediating Role of Satisfaction: Life Insurance Customers’ Perspective (Service Quality, Trust and Image Toward Loyalty). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. 7. 156.
18415/ijmmu.v7i6.1745.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan program SmartPLS3.0, Universitas Diponegoro Semarang, ed. 2, Badan Penerbit Undip
Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas
Baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42-
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and howto report the results of PLS- SEM. European Business Review, 31(1), 2–24.
https://doi.org/10.1108/ebr-11- 2018-0203
Haque, D.R., Rahman, A., Pang, A., & Kow,
A. (2020). Factors Affecting Customer’s Satisfaction and Loyalty in Hospitals in China.
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance- based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135.
https://doi.org/10.1007/s11747-014- 0403-8
Ibrahim, A., Chompikul, J., & Isaranurug, S. (2008). Patient Satisfaction with Health Services at the Outpatient Department of Indira Gandi Memorial Hospital,
Amale'Maldives (Doctoral dissertation, Mahidol University).
Irfan, S,M, AamirIjaz M,M Farooq. 2012. Patient Satisfaction and Service Quality of PublicHospitals in Pakistan: An Empirical Assessment. Middle- East Journal of Scientific Research 12 (6): 870- 877
Kotler, P., & Keller, K.L. (2018). Marketing Managemet. Edisi 15 Global Edition. Pearson
DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v6i2.2582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats