Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Cempaka Putih Tahun 2020

Sarah Fauziyyah

Abstract


Latar Belakang: Sikap dan perilaku petugas sering ditemukan sangat berkaitan dengan ketidak puasnya pasien. Pelayanan yang merupakan waktu tunggu yaitu dari saat pasien mulai dari tempat pendaftaran sampai memasuki ruang pemeriksaan dokter untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien tujuan dari penelitian ini. Metode : Kuantatif dengan deskriptif yang di gunakan pada penelitian ini dengan teknik pengumpulkan data yang berupa informan di wawanccara secara mendalam kemudian obervasi, bagian pendaftaran, dokter dan perawat perupakan informan dari penelitian. Hasil : Bekerja sudah sesuai tugas masing-masing pada bagian petugas pendaftaran hanya masih sistem manual yang di gunakan pendaftar pada rumah sakit tersebut salah satunya faktor yang membuat lama waktu pasien di rawat jalan serta terjadi faktor lain yaitu tidak sesuainya jam praktek dokter sangat mempengaruhi lamanya waktu tunggu dan kepuasan pasien. Kesimpulan dan Saran : Peneliti melakukan wawancara dan observasi dan berdasarkan hasil yang dilakukan terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan terhadap kepuasan pasien di RSUD Cempaka putih. Apek seluruh mutu pada pelayanan harus ditingkatkan supaya tercipta kepuasan pasien  90% dengan kepmenkes sesuai standar tentang pelayanan minimal rumah sakit.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats