Pengaruh Jasa Pelayanan Terhadap Kinerja Dokter Spesialis Melalui Motivasi Dan Disiplin Kerja Di Rawat Jalan RSUD Banten
Abstract
Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten selaku rumah sakit rujukan di wilayah Provinsi Banten diharapkan berjalan secara optimal karena telah disiapkan tenaga dokter spesialis. Jasa Pelayanan yang didapatkan oleh dokter Spesialis berhubungan dengan Kinerja Dokter tersebut, dipengaruhi oleh factor motivasi dan disiplin kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa dengan Jalur path. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan menggunakan Kuesioner melalui metode survey. Populasi penelitian ini adalah Dokter Spesialisdi RSUD Banten baik sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau Non ASN (tenaga Kontrak) yang berjumlah 32 dokter Spesialis. Hasil Penelitian pada Variabel Jasa Pelayanan yang berpengaruh pada responden adalah kesesuaian Gaji dengan Pekerjaannya sebagai dokter spesialis dengan presentasi 84.4%. Pada variabel motivasi kerja adalah adanya Pekerjaan baru sebagai tantangan yang menyenangkan ( 84,4 %), pada variabel disiplin Kerja adalah Hadir Tepat waktu saat bekerja dengan presentase 87,5%. Variabel Kinerja berupa tidak membolos dalam bekerja sebesar 87,5 %, melayani pasien dan mendengarkan keluhan pasein sebesar 65,6 % dan Rapat dengan manajemen 81.2 % , melihat hasil ini maka kinerja dokter speialis sudah sesuai dengan SK Direktur RSUD Banten. Dimana Absensi 40 %, Melayani Pasien 40 % serta Rapat dengan Manajemen 20%, Temuan dalam penelitian ini juga melihat koefisien jalur path, secara langsung motivasi dan disiplin berpengaruh terhadap Jasa Pelayanan dan Kinerja,sedangkan secara tidak langsung , melalui Jalur Disiplin kerja. Kesimpulan dan saran dalam hal pemberian Jasa Pelayanan maka diharapkan Pihak Manajemen atau Rumah sakit tetap konsisten dalam hal Jasa Ini. Manajemen mengajak dokter runtuk ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan strategi dalam hal Pelayanan terhadap pasien, Kinerja dokter spesialis sudah sesuai dengan SK Direktur RSUD Banten .dimana Absensi 40 %, Melayani Pasien 40 % serta Rapat dengan Manajemen 20%.
Full Text:
PDFReferences
Ardana. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: GrahaIlmu
Arip, Ishak dan Tanjung Hendri. 2003. Manajemen Motivasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiarsarana Indonesia
Cahyono, Suharjo B. 2008. Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. Yogyakarta: Kanisius
Devi Ayu Damayanti 2017. Pengaruh Disiplin Kinerja Di Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PTP XX. Skripsi. Universitas Lampung.
Edi Sutrisno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Faostino Cardoso Gomes. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI
Fried, B., Fottler, D., 2008. Human Resources in Healthcare : Managing for Success, Third Edition, Health Administator Press, Chicago
Gibson, dkk. 1987. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses, EdisiKelima, Jilid I, Alih Bahasa Djarkasih. Jakarta: Erlangga
Heru Yulianto 2015. Persepsi Dan Ekspektasi Dokter Terhadap Jasa Medis Di Rs Pku Muhammadiyah Nanggulan. Yogyakarta: MRS 15 UMY
Gondo kusumo, A.A.1998. Komunikasi Pengusaha. Jakarta: PT Gunung Agung.
Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga
Hasibuan, Melayu,S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan Ketujuh. Jakarta: BumiAksara
Mangku negara, Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2014. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama
Mangku prawira, Sjafri dan Aida Vitayala Hubies. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Cetakan pertama. Bogor: Ghalia Indonesia
Mathis, Robert L. and John H. Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Putri Octaviana sari 2017. Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Rafi Jodi Kurnia 2016. PengeruhKompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kierja Karyawan Rumah Sakit Condong Catur Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ratry Rasno Putri 2012. Hubugan Kompensasi Terhadap Kinerja di PT Jasa Marga. Skripsi. Universitas Indonesia Jakarta
Resti Lufita sari.2014. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset D.I Yogyakarta. Skirpsi.UNY
Rita wati. 2015. Peran Kompensasi Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Perbankan Syariah Palembang. I‐Finance. Vol. 1. No. 1. Juli 2015. 57-72
Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rizki Annisa.2019. Analisis Pengaruh Motivasi, Insentife Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Pegawai OPD Kota Bandar Lampung. Skripsi. UNILA
Serdamayanti dan Syarifudin Hidayat. 2007. Kinerja Karyawan Dan Metodologi Penelitian. Bandung: Cv. Mandar Jaya
Siswanto Sastro hadiwiryo. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Smallwood, P., 2006, Using the JCAHO’s Six Competencies to Evaluate MD Performance, ___, at http://www.hcpro.com/content.cfm?dp=HOM&conten_id=62362&publicat ion=3615&(diunduh 5 April 2020) Sutoto, _, SistemPenilaian Kinerja Individu (Direktur, Dokter, Perawat, Apoteker), Komisi
Sofyandi, Herman. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: GrahaIlmu
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Supranto. 2006. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta
Surat Keputusan dari Direktur RSUD No.821/0117/Kes-RSUB
Sutrisno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
The Joint Commission (TJC), 2011, Standars Booster Pak for Focused Professional Practice Evaluation/Ongoing Professional Practice Evaluation (FPPE/OPPE), Illinois at www. mc.vanderbilt.edu/.../TJC520Booster% 20Pack%20FPPE-OPPE.pdf (diunduh 5 April 2020)
Triton. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia: Prespektif Partnership Dan Kolektivitas. Jakarta: PT. SukaBuku.
Undang-Undang tentang Rumah Sakit Pasal 29b UU No.44/2009.
Undang-Undang tentang Rumah Sakit Pasal32 UU No.44/2009.
Veronica Eupharicia M Goda. 2018. Disiplin Kerja, Kompensasi Dan MotivasiKerja di PT. Andes AgroInvestama (AAI). Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Windy Ira Sari Burhan 2015. Hubungan Antara Imbal Jasa dan Motivasi Kerja Perawat di Puskesmas Manganitu Kabupaten Sangibe. Jurnal Keperwatan. Universitas Sam Ratulangi.
DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1297
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.