Pengaruh Jasa Pelayanan Terhadap Kinerja Dokter Spesialis Melalui Motivasi Dan Disiplin Kerja Di Rawat Jalan RSUD Banten

Tri Agus Yuarsa, Alih Germas Kodyat, Ahdun Trigono

Abstract


Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten selaku rumah sakit rujukan di wilayah Provinsi Banten diharapkan berjalan secara optimal karena telah disiapkan tenaga dokter spesialis. Jasa Pelayanan yang didapatkan oleh dokter Spesialis berhubungan dengan Kinerja Dokter tersebut, dipengaruhi oleh factor motivasi dan disiplin kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa dengan Jalur path. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan menggunakan Kuesioner melalui metode survey. Populasi penelitian ini adalah Dokter Spesialisdi RSUD Banten baik sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau Non ASN (tenaga Kontrak) yang berjumlah 32  dokter Spesialis. Hasil Penelitian pada Variabel Jasa Pelayanan yang berpengaruh pada responden adalah kesesuaian Gaji dengan Pekerjaannya sebagai dokter spesialis dengan presentasi 84.4%. Pada variabel motivasi kerja adalah adanya Pekerjaan baru sebagai tantangan yang menyenangkan ( 84,4 %), pada variabel disiplin Kerja adalah Hadir Tepat waktu saat bekerja dengan presentase 87,5%. Variabel Kinerja berupa tidak membolos dalam bekerja sebesar 87,5 %, melayani pasien dan mendengarkan keluhan pasein sebesar 65,6 % dan Rapat dengan manajemen 81.2 % , melihat hasil ini maka kinerja dokter speialis sudah sesuai dengan SK Direktur RSUD Banten. Dimana Absensi 40 %, Melayani Pasien 40 % serta Rapat dengan Manajemen 20%, Temuan dalam penelitian ini juga melihat koefisien jalur path, secara langsung motivasi dan disiplin berpengaruh terhadap Jasa Pelayanan dan Kinerja,sedangkan secara tidak langsung , melalui Jalur Disiplin kerja. Kesimpulan dan saran dalam hal pemberian  Jasa Pelayanan maka diharapkan Pihak Manajemen atau Rumah sakit tetap konsisten dalam hal Jasa Ini. Manajemen mengajak dokter runtuk ikut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan strategi dalam hal Pelayanan terhadap pasien, Kinerja dokter spesialis sudah sesuai dengan SK Direktur RSUD Banten .dimana Absensi 40 %, Melayani Pasien 40 % serta Rapat dengan Manajemen 20%.


Full Text:

PDF

References


Ardana. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: GrahaIlmu

Arip, Ishak dan Tanjung Hendri. 2003. Manajemen Motivasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiarsarana Indonesia

Cahyono, Suharjo B. 2008. Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. Yogyakarta: Kanisius

Devi Ayu Damayanti 2017. Pengaruh Disiplin Kinerja Di Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PTP XX. Skripsi. Universitas Lampung.

Edi Sutrisno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Faostino Cardoso Gomes. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI

Fried, B., Fottler, D., 2008. Human Resources in Healthcare : Managing for Success, Third Edition, Health Administator Press, Chicago

Gibson, dkk. 1987. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses, EdisiKelima, Jilid I, Alih Bahasa Djarkasih. Jakarta: Erlangga

Heru Yulianto 2015. Persepsi Dan Ekspektasi Dokter Terhadap Jasa Medis Di Rs Pku Muhammadiyah Nanggulan. Yogyakarta: MRS 15 UMY

Gondo kusumo, A.A.1998. Komunikasi Pengusaha. Jakarta: PT Gunung Agung.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Hasibuan, Melayu,S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan Ketujuh. Jakarta: BumiAksara

Mangku negara, Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2014. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama

Mangku prawira, Sjafri dan Aida Vitayala Hubies. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Cetakan pertama. Bogor: Ghalia Indonesia

Mathis, Robert L. and John H. Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Putri Octaviana sari 2017. Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rafi Jodi Kurnia 2016. PengeruhKompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kierja Karyawan Rumah Sakit Condong Catur Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratry Rasno Putri 2012. Hubugan Kompensasi Terhadap Kinerja di PT Jasa Marga. Skripsi. Universitas Indonesia Jakarta

Resti Lufita sari.2014. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset D.I Yogyakarta. Skirpsi.UNY

Rita wati. 2015. Peran Kompensasi Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Perbankan Syariah Palembang. I‐Finance. Vol. 1. No. 1. Juli 2015. 57-72

Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rizki Annisa.2019. Analisis Pengaruh Motivasi, Insentife Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Pegawai OPD Kota Bandar Lampung. Skripsi. UNILA

Serdamayanti dan Syarifudin Hidayat. 2007. Kinerja Karyawan Dan Metodologi Penelitian. Bandung: Cv. Mandar Jaya

Siswanto Sastro hadiwiryo. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Smallwood, P., 2006, Using the JCAHO’s Six Competencies to Evaluate MD Performance, ___, at http://www.hcpro.com/content.cfm?dp=HOM&conten_id=62362&publicat ion=3615&(diunduh 5 April 2020) Sutoto, _, SistemPenilaian Kinerja Individu (Direktur, Dokter, Perawat, Apoteker), Komisi

Sofyandi, Herman. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: GrahaIlmu

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Supranto. 2006. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Konsumen. Jakarta: Rineka Cipta

Surat Keputusan dari Direktur RSUD No.821/0117/Kes-RSUB

Sutrisno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

The Joint Commission (TJC), 2011, Standars Booster Pak for Focused Professional Practice Evaluation/Ongoing Professional Practice Evaluation (FPPE/OPPE), Illinois at www. mc.vanderbilt.edu/.../TJC520Booster% 20Pack%20FPPE-OPPE.pdf (diunduh 5 April 2020)

Triton. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia: Prespektif Partnership Dan Kolektivitas. Jakarta: PT. SukaBuku.

Undang-Undang tentang Rumah Sakit Pasal 29b UU No.44/2009.

Undang-Undang tentang Rumah Sakit Pasal32 UU No.44/2009.

Veronica Eupharicia M Goda. 2018. Disiplin Kerja, Kompensasi Dan MotivasiKerja di PT. Andes AgroInvestama (AAI). Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Windy Ira Sari Burhan 2015. Hubungan Antara Imbal Jasa dan Motivasi Kerja Perawat di Puskesmas Manganitu Kabupaten Sangibe. Jurnal Keperwatan. Universitas Sam Ratulangi.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats