Analisis Kepuasan Wisatawan dan Strategi Pengembangan Agrowisata Bale Tani Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang

Yunus Abdul Fajar, Mubarokah Mubarokah, Hamidah Hendrarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan wisatawan, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal agrowisata, serta merumuskan strategi pengembangan Agrowisata Bale Tani Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index CSI untuk menganalisis kepuasan wisatawan dan analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kesesuaian (Tki) 96% artinya masih terdapat atribut agrowisata yang belum sesuai dengan harapan wisatawan, sedangkan indeks kepuasan wisatawan (CSI) sebesar 78,49% artinya wisatawan puas terhadap agrowisata. Strategi pengembangan hasil analisis SWOT menunjukkan posisi Agrowisata Bale Tani pada kuadran I artinya strategi yang tepat yaitu strategi SO (Strengths-Opportunities) karena mempunyai faktor internal (kekuatan) dan eksternal (peluang) yang kuat.

Kata Kunci: agrowisata, CSI, Strategi Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Arioditha, G. dan Djuwendah, E. (2016). Analisis kepuasan pengunjung berkunjung ke agrowisata dengan konsep edufarming di PT. Jendela Alam Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian, 1(1), 1 – 94.

Budiasa, I. W. 2011. Konsep dan potensi pengembangan agrowisata di Bali. J. DwijenAgro. 2 (1): 1-9.

Priyono, A. dan W. Astuti. 2016. Pengelolaan agrowisata buah naga sebagai wisata alternatif di Lempongsari Sleman Yogyakarta. J. Kepariwisataan. 10 (1) : 33-42.

Ramadhani, P. D., Koestiono, D., & Maulidah, S. (2014). Analisis tingkat kepuasan terhadap kinerja pelayanan pemasok bunga potong krisan. Jurnal Habitat, 25(3), 151-161.

Rangkuti, F. 2011. SWOT Balanced Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, F. 2015. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Penebit PT.Gramedia Pustaka Utama.

Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui pola kepuasan pelanggan pada e-commerce model business to customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v14i2.3397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.