Hubungan Tingkat Pengetahuan Gizi terhadap Tingkat Kecukupan Asupan Gizi Makro Anak Sekolah Dasar

Rifatul Masrikhiyah

Abstract


Latar Belakang: Anak-anak usia sekolah dasar memiliki risiko tinggi terhadap masalah gizi, baik kekurangan maupun kelebihan gizi. Masalah gizi pada anak disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang langsung maupun tidak langsung. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi anak-anak di Indonesia adalah praktik atau kebiasaan yang dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan tentang gizi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara tingkat pengetahuan gizi dengan tingkat kecukupan asupan gizi makro pada anak-anak sekolah dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan melibatkan 81 responden yang dipilih secara acak sederhana. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji chi-square untuk menilai apakah ada hubungan antara pengetahuan gizi dan kecukupan asupan gizi makro pada anak sekolah dasar. Hasil: Dari analisis statistik yang dilakukan, didapatkan nilai p<0.05, yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pengetahuan gizi dan kecukupan asupan gizi makro pada anak sekolah dasar. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan gizi dengan kecukupan energi, karbohidrat, protein, dan lemak pada siswa MI Mamba'ul Hisan Pesantunan.

Kata Kunci : Pengetahuan Gizi, Energi, Karbohidrat, Protein, Lemak

Keywords


: Pengetahuan Gizi, Energi, Karbohidrat, Protein, Lemak

Full Text:

PDF PDF

References


Wiradyani, L.A.A., Pramesthi, I.L., Raiyan, M. and Nuraliffah, S., 2019. Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar Seameo Recfon Kemendikbud RI 1 (MRA Muhammad, Riqqo Rahman. Seameo Recfon, Kemendikbud RI.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018.

Wawan, A. and Dewi, M., 2010. Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika, 12.

Soekirman, S.S., Djoko, S. and Soenardi, T.M., 2012. Hidup Sehat Gizi Seimbang dalam Siklus Kehidupan Manusia. Jakarta: PT Primamedia Pustaka.

Irianto, K., 2022. Gizi seimbang dalam kesehatan reproduksi.

Emilia, E., 2008. Pengembangan Alat Ukur Pengetahuan, Sikap dan Praktek Gizi pada Remaja.

Notoatmodjo, S. (2011). Buku Kesehatan Masyarakat, Ilmu & Seni - Ed Revisi 2011,

Ambarwati, M., Muwakhidah, S.K.M. and Rully Sudaryanto, S.S.T., 2014. Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap dan Kebiasaan Makan Pagi dengan Status Gizi Anak di SDN Banyuanyar III Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Aulia, N.R., Supriana, E., Latifah, E. and Suprapto, A., 2021. Improving Students' Understanding of Static Fluids Using Virtual Laboratory During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Sains, 9(4), pp.104-108.

Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Kabir A, Miah S, Islam A. (2018). Factors Influencing Eating Behavior and Dietary Intake among Resident Students in a Public University in Bangladesh: A Qualitative Study. PLoS ONE, 13 (6): e0198801

Hafiza, D., 2020. Hubungan kebiasaan makan dengan status gizi pada remaja SMP YLPI Pekanbaru. Jurnal Medika Hutama, 2(01 Oktober), pp.332-342




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v15i1.4864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License