Edukasi Tahapan Perkembangan Anak Dan Simulasi Stimulasi Floortime Pada Kelompok Ibu “Cayooo Moms”

Fitria Sari, Asyifa Robiatul, Endang Siti M

Abstract


Gangguan perkembangan bicara dan bahasa merupakan gangguan perkembangan yang sering ditemukan pada anak umur 3-16 tahun. Tujuan Program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman ibu tentang tahapan perkembangan anak dengan melakukan simulasi stimulasi floortime. Stimulasi Floortime merupakan konsep dimana orang tua dan anak menghabiskan waktu bersama secara intensif selama kurang lebih 20-30 menit tanpa berhenti, untuk berinteraksi dan bermain, tanpa gangguan dari televisi, koran, handphone dan lain sebagainya. Dan kelompok Ibu "Cayoo Moms" merupakan kelompok ibu dimana anaknya sedang menjalani proses terapi wicara, terapi okupasi maupun fisioterapi di RS Grha Permata Ibu. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah adanya anggapan bahwa keterlambatan bicara adalah hal biasa-biasa saja atau wajar, terlambatnya deteksi dini dan proses rehabilitatif dengan terapis wicara, pemahaman yang kurang tentang kapan dan bagaimana orangtua melakukan stimulasi floortime. Selain itu kelompok ini belum pernah dimanfaatkan untuk wadah edukasi. Solusi yang kami berikan adalah pemberian edukasi tentang pengetahuan, informasi yang cukup dan kepekaan terhadap tahapan perkembangan anak juga mengajarkan artikulasi sederhana, mempraktikkan simulasi stimulasi floortime, dan membuat alat peraga “busy book tumbung kembang buah hati” dan modul yang mengacu pada Denver II dan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) juga 2 buah lagu . Program ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan informasi untuk Kelompok Ibu "Cayooo Moms" sehingga dapat mempercepat proses rehabilitative.

 

Keywords : keterlambatan bicara, stimulasi floortime


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v3i2.547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.