Pelatihan Pemasaran Bisnis Travel Haji dan Umroh Berbasis Online dan Kerja sama

Dinni Agustin, Budi Nurdian, Nurminingsih Nurminingsih, Tina Rosa, Tafrizi Tafrizi, Nuryanah Nuryanah, Asim Asim, Rushadiyati Rushadiyati, Ahmadun Ahmadun

Abstract


Pelatihan Pemasaran Bisnis Travel Haji dan Umroh Berbasis Online dan Kerja Sama bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM di Kelurahan Bambu Apus, Jakarta Timur serta Dosen dan Mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran. Dengan identifikasi permasalahan mitra dalam hal ini pelaku UMKM di Kelurahan Bambu Apus, Jakarta Timur dalam menghadapi persaingan yang ketat bisnis di era digital, banyak pelaku UMKM menghadapi tantangan seperti kurangnya pengetahuan tentang pemasaran digital, minimnya kerja sama, serta keterbatasan modal untuk strategi pemasaran konvensional. Metoda pelatihan terdiri dari presentasi interaktif, diskusi kelompok, dan praktik langsung. Materi yang diberikan mencakup pemanfaatan media sosial, dan penyusunan rencana pemasaran berbasis kerja sama. Peserta diharapkan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis mereka. Pelatihan dilaksanakan di Kampus A Urindo pada tanggal 5 September 2024, dengan peserta sebanyak 50 orang terdiri dari Pelaku UMKM, Dosen dan Mahasiswa yang tertarik utk melakukan bisnis travel secara online. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta mampu merancang strategi pemasaran digital dan membangun jaringan dengan pelaku UMKM lainnya. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner umpan balik dan monitoring perkembangan bisnis setelah pelatihan dalam waktu tiga bulan setelah pelatihan. Kesimpulan dari pelatihan ini adalah bahwa penguasaan pemasaran digital sangat penting bagi Pelaku UMKM untuk menghadapi tantangan di era global. Dengan peningkatan kemampuan ini, para pelaku UMKM di Kelurahan Bambu Apus dapat meningkatkan pendapatan dan memperluas jangkauan pasar mereka. Pelatihan ini juga mendorong terjadinya kerja sama antar pelaku UMKM untuk saling mendukung dan berkembang.

Kata kunci: pemasaran, bisnis travel, digital, online, kerja sama

Full Text:

PDF

References


]. Damoah, O. B. O. (2020). Strategic Factors Predicting The Likelihood of Youth Entrepreneurship in Ghana: A Logistic Regression Analysis. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 16, 389–401.

. Noviyanti, D. (2015). Pentingnya Implementasi Strategi Pemasaran Bagi Travel Haji dan Umroh di Banjarmasin. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah, 14(28), 19–37. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/1231

. Putra, F. I. F. S., Amron, A., Aqmala, D., & Haziroh, A. L. (2022). Tuwo: Model Sustainability Digital Marketing Sebagai Jalan Pintas Umkm Bersaing Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen (SENAMA), 1, 1–18. https://doi.org/10.52353/senama.v1i1.288

. Salihah, K. (2021). Strategi Bauran Pemasaran dalam Marketing 5.0. Startegi Bauran Pemasaran Dalam Markeitng 5.0, 3(1), 0–19.

. Suhesti, D. T., Amalia, N. F., & Ertama, R. (2021). Strategi Manajemen Pemasaran Paket Umrah Era New Normal. SEMJ Sharia Economic Managemment Bussiness Journal, 2(1), 24–42.

. Wiediawati, A. M. (2022). Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6 Nomor 4. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2 676




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i4.5108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.