Penguatan Aspek Produksi dan Pemasaran Bagi Pemilik Usaha “Healthy Food” di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Sri Budi Cantika Y, Novi Primita Sari

Abstract


kegiatan ekonomi kreatif yang berbasis budaya lokal, dengan memaksimalkan kemampuan berkreasi masyarakat, terutama mendayagunakan potensi ibu-ibu rumah tangga, berkembang dengan pesat Salah satunya adalah sektor industri kreatif kuliner. Masuknya industri kuliner ke dalam industri kreatif juga dapat diartikan adanya nilai tambah produk yang diberikan lewat kreativitas yang dimiliki oleh pelaku industri kuliner, seperti kreasi cara pengolahan, resep, dan cara penyajian. Mitra dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Kelompok Ibu Rumah Tangga pemilik usaha Healthy Food di Jalan Saksophone No. 35 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, dengan ketua yaitu ibu Tutut Suliwastuti. Berdasarkan survei awal yang dilakukan Tim PKM, terdapat dua permasalahan utama, yaitu pemilik usaha Healthy Food tersebut belum mempunyai media pemasaran digital (Pemasaran Media Sosial/Social Media Marketing), karena masih menggunakan promosi penjualan langsung. Permasalahan kedua adalah peningkatan proses produksi terutama pembuatan varian Healthy Food. Metode kegiatan yang akan dilakukan oleh Tim PKM adalah pelatihan dan pendampingan pada mitra. Pelatihan dan pendampingan meliputi : strategi pemasaran digital (Pemasaran Media Sosial/Social Media Marketing), pendampingan pembuatan rancangan strategi pemasaran untuk pemilik usaha Healthy Food, dan pengembangan proses produksi melalui pembuatan varian Healthy Food.

Full Text:

PDF

References


Gumilar, J., Bintang Azzahra, A., Satria, M., Hamdani, N., Yasyva Farahdewi, R. R., Yusriani

Kamilah, Z., & Alifa Nurhaliza, K. (2021). Pengembangan Wirausaha Makanan Sehat di

Masa Pandemi Covid 19 Melalui Produk Olahan Daging. Farmers: Journal of Community

Services, 2(2).

Lestari, N., & Hanif, A. (2021). PENYULUHAN MAKANAN SEHAT UNTUK

PENCEGAHAN STUNTING BALITA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika.

https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v1i1.264

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm.

Strategi Komunikasi Pemasaran, 20.

Vuspitasari, B. K., Deffrinica, D., & Siahaan, S. V. B. (2021). MENGGALI PELUANG

EKONOMI KREATIF MELALUI POTENSI DESA SUKA MAJU KABUPATEN

BENGKAYANG. Sebatik, 25(1). https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1132




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i1.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.