Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Industri Wisata Medis : Tinjauan Literatur Sistematik

Fanny Annisa Abriani, Wahyu Sulistiadi

Abstract


Wisata medis merupakan salah satu industri yang menghasilkan pendapatan dan cukup bersaing secara global. Wisata medis telah menciptakan tingkat pembiayaan baru sebagai aliran pendapatan dengan meningkatnya pangsa pasar di seluruh dunia sehingga banyak negara yang mengembangkan wisata medis ini dengan berbagai konsep strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di negara-negara dalam mengembangkan dan meningkatkan pariwisata medis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur sistematik. Tinjauan literatur yang komprehensif dilakukan dengan pencarian pada tanggal 10 Mei 202, dengan melakukan pencarian artikel menggunakan database Scopus, Ebsco, ProQuest, PubMed, dan Google Scholar dengan kata kunci pariwisata medis DAN strategi pemasaran. Pada awalnya, 160 artikel penelitian diperoleh dan kemudian diseleksi dengan menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses), akhirnya didapatkan enam artikel untuk dianalisis. Hasil penelitian ini didapatkan enam artikel yang akan dianalisis lebih lanjut. Tinjauan literatur sistematik ini mengidentifikasi strategi pemasaran yang digunakan negara-negara tersebut dalam wisata medis seperti promosi pada berbagai sosial media, citra merek, metode bauran pemasaran serta penguatan relationship marketing. Strategi bauran pemasaran digunakan pada tiga negara yaitu India, Thailand dan Malaysia yang dapat meningkatkan minat wisatawan dalam melakukan kegiatan wisata medis di ke negara-negara tersebut. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pemasaran dapat meningkatkan daya saing antar rumah sakit dan meningkatkan minat serta jumlah kunjungan wisatawan dalam melakukan kegiatan wisata medis.
Kata kunci: pemasaran, strategi, pariwisata medis

Full Text:

PDF

References


N. Dhakate, R. Joshi, F. Ali, and S. Kumar, “Current Knowledge and Future Research Directions of Medical Tourism: Insights From a Bibliometric Analysis,” Asia Pacific Journal of Tourism Research, vol. 28, no. 8, pp. 889–906, Nov. 2023, doi: 10.1080/10941665.2023.2276848.

E. A. Borg and K. Ljungbo, “International Market-Oriented Strategies for Medical Tourism Destinations,” International Journal of Market Research, vol. 60, no. 6, pp. 621–634, Jan. 2018, doi: 10.1177/1470785318770134.

H. Beladi, C. C. Chao, M. S. Ee, and D. Hollas, “Does Medical Tourism Promote Economic Growth? A Cross-Country Analysis,” J Travel Res, vol. 58, no. 1, pp. 121–135, Jan. 2019, doi: 10.1177/0047287517735909.

A. Dash, “Exploring Visit Intention to India for Medical Tourism Using an Extended Theory of Planned Behaviour,” Journal of Hospitality and Tourism Insights, vol. 4, no. 4, pp. 418–436, 2020, doi: 10.1108/JHTI-03-2020-0037.

H. Çapar and Ö. Aslan, “Factors Affecting Destination Choice in Medical Tourism,” Int J Travel Med Glob Health, vol. 8, no. 2, pp. 80–88, May 2020, doi: 10.34172/ijtmgh.2020.13.

IHRC, “Medical Tourism Index 2020-2021.” Accessed: Apr. 18, 2024. [Online]. Available: https://www.medicaltourism.com/mti/home

Ediansyah, M. Arief, M. Hamsal, and S. B. Abdinagoro, “A Decade of Medical Tourism Research: Looking Back to Moving Forward,” Journal of Hospitality and Tourism Insights, vol. 6, no. 5. Emerald Publishing, pp. 2158–2172, Dec. 01, 2023. doi: 10.1108/JHTI-06-2022-0250.

T. E. Natalia and W. Sulistiadi, “Analysis of Marketing Mix Element Affecting Medical Tourism,” Administrasi Rumah Sakit Indonesia, vol. 6, no. 1, pp. 47–54, Oct. 2019, doi: 10.7454/ARSI.V6I1.3670.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 16th ed. United States of America: Pearson Education, 2016.

M. G. Haque, A. S. Iskandar, H. Erlangga, Nurjaya, and D. Sunarsi, Strategi Pemasaran: Konsep, Teori dan Implementasi, 1st ed. Tangerang Selatan: Pascal Books, 2022.

M. J. Page et al., “The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews,” PubMed Central, vol. 10, no. 1, Dec. 2021, doi: 10.1186/s13643-021-01626-4.

M. Y. Saleh and M. Said, Konsep dan Strategi Pemasaran, 1st ed. Makassar: CV. Sah Media, 2019.

R. Kumar and G. Jambheshwar, “Marketing Practices of Medical Tourism over Recession and Upswing,” Academy of Marketing Studies Journal, vol. 25, no. 6, pp. 1–17, 2021.

Y. Pathomsirikul, “Marketing Strategies Affecting Chinese Tourists’ Decision Making and Loyalty Toward Medical and Wellness Tourism in Thailand,” UTCC International Journal of Business and Economics (UTCC IJBE), vol. 11, no. 2, pp. 37–52, Aug. 2019, Accessed: Apr. 19, 2024. [Online]. Available: http://www.ijbejournal.c om/images/files/9069787955d560d6083d87.pdf.

T. H. Cham, B. L. Cheng, M. P. Low, and J. B. C. Cheok, “Brand image as the competitive edge for hospitals in medical tourism,” European Business Review, vol. 33, no. 1, 2021, doi: 10.1108/EBR-10-2019-0269.

K. Kim and B.-R. Seo, “Analyzing a New Model of Medical Tourism Policy: Target Country-Specific Models and Marketing Strategies,” Iran J Public Health, vol. 52, no. 10, pp. 2090–2098, 2023, doi: https://doi.org/10.18502/ijph.v52i10.13847.

Y.-N. Tai and H.-C. Liu, “Effects of online social interaction and social capital on brand relationship quality in medical tourism industry,” Revista de Cercetare si Interventie Sociala, vol. 73, pp. 350–362, 2021, doi: 10.33788/rcis.73.23.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i3.4472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats