Pengaruh Pelatihan Kanban Terhadap Perilaku dan Persediaan Obat di Rumah Sakit Karitas Tahun 2023

Maria Vini Pertiwi, Anna Sunita, Cicilia Widiyaningsih

Abstract


Belanja perbekalan farmasi menyerap anggaran sekitar 33-66% biaya operasional rumah sakit. Pengelolaan persediaan farmasi yang kurang baik dapat menyebabkan dis efisiensi oleh karena itu butuh perhatian khusus. Salah satu alat dalam penerapan metode lean dengan pendekatan persediaan tepat waktu dan efisien adalah Kanban. Tren nilai persediaan obat di RS Karitas fluktuatif, persediaan obat stagnant di Instalasi Farmasi RS Karitas sebesar 4-24% dan cenderung mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis akar permasalahan kejadian tersebut karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan SDM dalam pengelolaan persediaan obat. Oleh karena itu dibutuhkan intervensi pelatihan guna meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku petugas tentang lean inventory menggunakan metode Kanban. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan persediaan obat, pengetahuan, sikap dan praktek petugas sebelum dan setelah pelatihan sistem Kanban di Rumah Sakit Karitas.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan one group pretest-postest design. Dengan jumlah sampel petugas sebanyak 20 orang menggunakan total sampling, dan sampel obat sebanyak 96 item dengan random sampling. Penelitian dilakukan selama 1 bulan di logistik Farmasi Rumah Sakit Karitas. Perilaku petugas diukur menggunakan kuesioner sebelum dan setelah pelatihan, persediaan obat di analisis dengan membandingkan nilai stagnant obat sebelum dan setelah implementasi Kartu Kanban.
Terdapat perbedaan pengetahuan petugas sebelum dan setelah pelatihan dengan uji t-test (p value = 0,000<0,05) , terdapat perbedaan sikap petugas sebelum dan setelah pelatihan dengan uji t-test (p value = 0,036<0,05), tidak ada perbedaan praktek sebelum dan setelah pelatihan dengan uji t-test (p value = 0,084>0,05). Tidak ada perbedaan persediaan obat stagnant sebelum dan setelah pelatihan uji t-test (p value = 0,530>0,05).
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan pelatihan sistem Kanban dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap petugas farmasi di Rumas Sakit Karitas. Pelatihan tidak meningkatkan praktik petugas farmasi di Rumas Sakit Karitas. Pelatihan tidak menurunkan persediaan obat stagnant di Rumas Sakit Karitas.
Kata kunci: lean management, persediaan obat, RS, Kanban, NTT

Full Text:

PDF

References


Sidharta, B., and Pramestutie, H.: ‘Manajemen Logistik Farmasi dan Pelayanan Kefarmasian Rumah Sakit’, CV. Ustara Muria, Malang, 2018

Render, B., Heizer, J., and Munson, C.: ‘Principles of operations management: Sustainability and supply chain management’

Eleftheria, M.: ‘Kanban System Design for Hospital Pharmacy–Case study’, Journal of Statistical Science and Application, 2017, 5, (1-2), pp. 30-38

University, B.W.M.S.B.S.S.S.: ‘Expenditure on medicines in Nyeri county between 2014 and 2017 a retrospective analysis using the ABC and VEN classifications of medicines’. Thesis, Strathmore University, 2018

Kua-Walker, Y.A.: ‘Can a just-in-time inventory system help reduce costs and increase productivity in hospitals?’, California State University, Sacramento, 2010

Kusumaningtyas, W.: ‘Penerapan Sistem Kanban Dalam Menurunkan Persediaan Obat Yang Stagnant Di Instalasi Farmasi Rsu Anwar Medika’. Tesis, Universitas Airlangga, 2019

Iswanto, A.: ‘The Adaptation of the Implementation of Just In Time Method-A Case Study in Pharmacy of Kemang Medical Care’, The Adaptation of the Implementation of Just In Time Method-A Case Study in Pharmacy of Kemang Medical Care (July 13, 2015), 2015

Muthmainna, R.Q.A.: ‘Faktor Yang Mempengaruhi Pengelolaan Obat di Fasilitas Kesehatan Indonesia: Literatur Review’, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang, 2020

Regattieri, A., Bartolini, A., Cima, M., Fanti, M.G., and Lauritano, D.: ‘An innovative procedure for introducing the lean concept into the internal drug supply chain of a hospital’, The TQM Journal, 2018, 30, (6), pp. 717-731

Cimorelli, S.: ‘Kanban for the supply chain: fundamental practices for manufacturing management’ (CRC Press, 2013. 2013)

Notoatmodjo, S.: ‘Ilmu Perilaku Kesehatan’, Jakarta: Rineka Cipta, 2014, 2nd ed, pp. 26-35

Bloom, B.: ‘Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain. New York, Longman Inc.’, in Editor (Ed.)^(Eds.): ‘Book Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain. New York, Longman Inc.’ (1956, edn.), pp.

Eleonora Maryeta Toyo, S.S., Yolanda Ernidiasanti: ‘Kejadian Stagnant Dan Stockout Obat Kardiovaskuler Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit’, Jurnal Farmasi dan Sains Indonesia, 2021, 4

Lemeshow, S., Hosmer, D.W., Klar, J., Lwanga, S.K., and Organization, W.H.: ‘Adequacy of sample size in health studies’ (Chichester: Wiley, 1990. 1990)

Papalexi, M., Bamford, D., and Dehe, B.: ‘A case study of kanban implementation within the pharmaceutical supply chain’, International Journal of Logistics Research and Applications, 2016, 19, (4), pp. 239-255

Alam, S., Osama, M., Iqbal, F., and Sawar, I.: ‘Reducing pharmacy patient waiting time’, Int J Health Care Qual Assur, 2018, 31, (7), pp. 834-844

Amrullah, H.: ‘PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PENYIMPANAN LASA (LOOK ALIKE SOUND ALIKE): STUDI KUASI EKSPERIMENTAL’, Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 2022, 14, (2)

Nita, Y.: ‘Penerapan Model Praktek Asuhan Kefarmasian Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pasien Diabetes Terhadap Penggunaan Obat’. Desertasi, Universitas Airlangga, 2016

Notoadmojo, S.: ‘Promosi Kesehatan: Teori Pengetahuan dan Prilaku, Edisi Revisi’, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Baukal, C.E., Ausburn, F.B., and Ausburn, L.J.: ‘A proposed multimedia cone of abstraction: Updating a classic instructional design theory’, Journal of Educational Technology, 2013, 9, (4), pp. 15-24

Firman, F.: ‘Mengapa Implementasi Lean Management Gagal atau Tidak Sustain? ’, 2021

Protzman, C., Whiton, F., Kerpchar, J., Lewandowski, C., Stenberg, S., and Grounds, P.: ‘The lean practitioner's field book: proven, practical, profitable and powerful techniques for making lean really work’ (Crc Press, 2016. 2016)

Indrawati, A.D.: ‘Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan kepuasan pelanggan pada rumah sakit swasta di kota denpasar’, Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 2013, 7, (2), pp. 135-142

Alfiansyah, M.: ‘Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Umum Jampangkulon’, Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2021,4, (1), pp. 145-155




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i4.3561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats