Pengaruh Kualitas Layanan Makanan dan Kualitas Produk Makanan Terhadap Sisa Makanan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pasien Akan Service Mix Makanan (Studi pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit UKRIDA di Jakarta)

Evan Luke Aditya, Wani Devita Gunardi, Fushen Fushen

Abstract


Sisa makanan merupakan indikator mutu standar pelayanan minimal yang ditetapkan nasional dan diukur untuk mengetahui kemampuan dan kemauan seseorang untuk mengkonsumsi makanan yang disajikan. Makanan adalah salah satu tatalaksana nutrisi bagi pasien di dalam perawatannya. Semakin banyak sisa makanan yang terbuang, maka biaya yang terbuang juga semakin tinggi dan tidak bermanfaat bagi pasien. Faktor penentu dari sisa makanan yaitu kualitas layanan makanan, kualitas produk makanan, dan kepuasan pasien akan service mix makanan. Data didapatkan melalui kuesioner dan observasi kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan Structural Equation Modelling (SEM). Responden adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Ukrida sebanyak 100 orang. Hasil penelitian pengaruh langsung didapatkan bahwa kualitas layanan makanan tidak berpengaruh terhadap sisa makanan, kualitas produk makanan berpengaruh negatif terhadap sisa makanan, kualitas layanan makanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien akan service mix makanan, kualitas produk makanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien akan service mix makanan, dan kepuasan pasien akan service mix makanan berpengaruh negatif terhadap sisa makanan. Kemudian pengaruh tidak langsung didapatkan kepuasan pasien akan service mix makanan tidak memediasi pengaruh kualitas layanan makanan terhadap sisa makanan dan kepuasan pasien akan service mix makanan memediasi pengaruh kualitas produk makanan terhadap sisa makanan. Penyelenggaraan makanan Rumah Sakit Ukrida baru dilakukan secara mandiri mulai Januari 2022 sehingga perlu terus meningkatkan mutu pelayanan penyelenggaraan makanan.

Kata kunci: Kualitas Layanan Makanan, Kualitas Produk Makanan, Sisa Makanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Ukrida

 


Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta; 2013.

Wayansari L, Anwar IZ, Amri Z. Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. 1st ed. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Williams P, Walton K. Plate waste in hospitals and strategies for change. e-SPEN [Internet]. 2011;6(6):e235–41. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.eclnm.2011.09.006

Radzi SM, Sumarjan N, Chik CT, Salehuddin M, Zahari M, Mohi Z, et al. Theory and Practice in Hospitality and Tourism Research. Theory and Practice in Hospitality and Tourism Research. 2015.

Kemenkes RI. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Menteri Kesehatan RI; 2008.

Hair JF, Hult GT, Ringle C, Sarstedt M. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) - Joseph F. Hair, Jr., G. Tomas M. Hult, Christian Ringle, Marko Sarstedt. Sage. 2017. 374 p.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta; 2019.

Ghozali HI, Latan H. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. 2nd ed. Semarang: Badan Penerbit Undip; 2020.

Schiavone S, Pelullo CP, Attena F. Patient evaluation of food waste in three hospitals in southern Italy. Int J Environ Res Public Health. 2019;16(22).

McCray S, Maunder K, Barsha L, Mackenzie-Shalders K. Room service in a public hospital improves nutritional intake and increases patient satisfaction while decreasing food waste and cost. J Hum Nutr Diet. 2018;31(6):734–41.

Chemah TC, Nur Adilah Z, Sabaianah B, Zurinawati M, Aslinda Mohd S. Plate Waste in Public Hospitals Foodservice Management in Selangor, Malaysia. Indian J Sci Technol. 2018;11(36):1–5.

Nareswara AS. Hubungan Kepuasan Pasien dari Kualitas Makanan Rumah Sakit dengan Sisa Makanan di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indones. 2017;01(01):34–9.

Rumokoy DGM, Kapantow NH, Kandou GD. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sisa Makanan pada Pasien di Kelas III Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Kota Manado. IKMAS. 2017;2(3):87–102.

Al-Tit AA. The effect of service and food quality on customer satisfaction and hence customer retention. Asian Soc Sci. 2015;11(23):129–39.

Sholeha S, Kusindrati K, Tanuwijaya RR, Marini R. Pentingnya Kualitas Pelayanan Makanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. J Ilm Kesehat. 2020;19(02):55–8.

Canny IU. The Role of Food Quality, Service Quality, and Physical Environment on Customer Satisfaction and Future Behavioral Intentions in Casual Dining Restaurant. 7th Natl Res Manag Conf Sriwij Univ - Palembang, Indones (27-28 Novemb 2013). 2013;

Sari N, Siregar AP. Pengaruh Food Quality, Price, Service Quality dan Perceived Value terhadap Customer Loyality pada Restoran Aneka Rasa Jambi dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manaj dan Sains). 2019;4(2):368.

Keller, Kevin L, Kotler P. Marketing Management. Pearson Education. 2016. 835 p.

Meesala A, Paul J. Service quality, consumer satisfaction and loyalty in hospitals: Thinking for the future. J Retail Consum Serv [Internet]. 2018;40(October 2015):261–9. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.10.011

Marfuah D, Wardana AS, Anggraeni HTN. Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Terhadap Sisa Makanan di Afif Catering Surakarta. Prof Islam. 2022;19(2):119–26.

Setianto B, Adriansyah AA, Hanik U, Bistara DN. The Correlation Between Patient Satisfaction Regarding Nutrition Service And Hospital Length Of Stay With Food Waste In Covid–19 Patients. J Heal Sci. 2021;02:147–52.

Rochmah TN. Improving Nutrition Services to Reduce Plate Waste in Patients Hospitalized Based on Theory of Constraint. Amerta Nutr. 2020;4(4):335.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i2.3039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats