Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Linen Laundry dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Tarakan

Lasmaria Hasiholan, Lili Indrawati, Ahdun Trigono

Abstract


Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit melalui pelayanan penunjang medik, khususnya dalam pengelolaan linen laundry. Hasil surve awal di Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan melalui wawancara dengan sampel 20 orang 87% menyebutkan linen hilang. Hasil laporan rumah sakit tahun 2021 jumlah linen hilang 3230 dan surve kepuasan pasien 90,58% secara umum, belum ada spesifik untuk linen laundry. Pencapaian kinerja pengelolaan linen laundry memerlukan perbaikan kualitas pelayanan bertujuan menghasilkan kepuasan konsumen. Sehingga peneliti mengambil judul “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Linen Laundry dan Kinerja terhadap Kepuasan Pasien” melihat hubungan anatara kulaitas layanan linen laundry dan kinerja karyawan dalam kepuasan pasien untuk meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian menggunakan rancangan cross-sectional study melihat hubungan antara variabel dependen dan independent. Populasi semua pasien rawat inap periode januari sampai februari 2023. Teknik sampel menggunakan probability sampling dan Simple random sampling memetimbangkan kriteria inklusi dan ekslusi, jumlah sampel 250 orang. Variabel penelitian terdiri dari tiga yaitu pengaruh kualitas layanan linen laundry, kinerja karyawan dan kepuasan pasien. Pengaruh kualitas layanan linen laundry 5 dimensi 12 pernyataan, sedangkan kinerja karyawan 5 indikator 14 pernyataan dalam kuesioner dan kepuasan pasien 5 dimensi 17 pernyataan sehingga total 43 pernyataan. Hasil penelitan menujukan kualitas linen laundry dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pasien sebesar 17,2%. Hubungan kualitas linen laundry terhadap kepuasan pasien sebesar 0,194 nilai CR 3,077 dan p-value 0,02<0,05 artinya berhubungan positif. Hubungan kinerja karyawan terhadap kepuasan pasien sebesar 0,360, nilai CR 6,014 dan p-value 0,000, artinya terdapat hubungan positif. Berdasarkan model teoritis dalam penelitian ini hasil pengujian secara empiris analisis Structural Equation Model (SEM) maka hasilnya menunjukkan kualitas pelayanan linen laundry dan kinerja karyawan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci: Linen, Laundry, Kualitas, Kinerja dan Kepuasan

Full Text:

PDF

References


A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen

Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung :

Remaja Rosdakarya.

Al Zefeiti, S. M., & Mohamad, N. A. (2017). The

influence of organizational commitment on omani

public employees' work performance. International

Review of Management and Marketing, 7(2), 151–

Amin Wijaya Tunggal, 2014, Manajemen

Kontemporer, Jakarta : Harvindo.

Anderson, James, 1979, Public Policy Making,

(Second ed.), New York : Holt,

Renehart and Winston, New York.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

Aspinwall, L. G., Richter, L., & Hoffman, R. R.

(2002). Understanding how optimism works: An

examination ofoptimists’ adaptive moderation

belief

and behavior. Washington: American

Psychological Association. A

Babin, B.J. and J.S. Boles, 1998, “Employee

Behaviour in a Service Environment A Model and

Test of Potential Differences Between Men and

Women”, Journal of Marketing, Vol. 62, hal. 77-91

Bono, J.E., & Judge, T.A. (2003). Self –

Concordance at Work: Toward

Understanding the Motivational Effects of

Transformational Leaders. Academy of

Management Journal, Vol. 46, No 5, 554 – 571.

Cardoso, Gomes, Faustino, 1995. Manajemen

Sumber Daya Manusia,

Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Chairil Anwar Pohan. 2013. Manajemen

Perpajakan Strategi Perencanaan dan Bisnis.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Danah Zohar dan Ian Marshal,SQ:Kecerdasan

Spiritual, Penerjemah : Rahmani

Astutti (Bandung: Mirzan, 2007).

Davis, M. M. and Heineke, J., 2005:

Operations Management–Integrating

Manufacturing and Services. New York:

McGraw Hill

Edy, Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber

Daya Manusia, Kencana Prenada Media

Group, Jakarta.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Bandung :

Alfabeta Fandy Tjiptono, & Gregorius Chandra

(2006), Manajemen Pelayanan Jasa.

Yogyakarta: Andi Offset.

Gibson,J.L.2003. Struktur Organisasi dan

Manajemen. Jakarta:Erlangga 5.

Hafizurrachman. (2004). Pengukuran

Kepuasan Suatu Institusi Kesehatan.

Majalah Kedokteran Indonesia. Volume 54.

Herlambang, Susatyo. (2016). Manajemen

Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit.

Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Hidajahningtyas, Nurullah, Andi Sularso dan

Imam Suroso, 2013, “Pengaruh Citra, Kualitas

Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas

Pasien Di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit

Daerah Dr. Soebandi Kabupaten

Jember”, Jurnal Ekonomi Akuntansi dan

Manajemen (JEAM), Vol. 12.

No. 1. Hal. 39 – 53

Hidayat, A.A. 2007, Metode Penelitian

Keperawatan dan teknik Analisa Data,.

Penerbit Salemba medika.

Hidayati, I.N., Setiawan, M., Solimun. (2013).

Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan

Spiritual Pengaruhnya terhadap Kepuasan

Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi di

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan

(LPMP) Nusa Tenggara Barat). Jurnal

Aplikasi Manajemen. Vol. 11 No. 4 Desember




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v7i2.3037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats