Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Bed Occupancy Ratio (BOR) Selama Pandemi Covid-19 di Unit Rawat Inap Covid RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan pada Bulan Agustus – Oktober 2021

Sakinah Mawaddah Ramadhaniah, Sonya Dewi Wulandari

Abstract


 

Salah satu indikator untuk mengetahui pemanfaatan serta mutu dalam penilaian pelayanan rumah Sakit adalah Bed Occupancy Ratio atau yang biasa dikenal dengan BOR. Pada bulan  Juni 2021 diketahui nilai bed occupancy rate (BOR) di RSUD Pasar Minggu secara keseluruhan 80 persen saat pandemi. Untuk itu peneliti ingin menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi nilai BOR di RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kuantitatif deskriptif dan pengambilkan sample dilakukan dari bulan Agustus – Oktober 2021 di RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan dengan target penelitian adalah pasien rawat inap  yang dirawat di bangsal Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan dengan observasi, kuesioner, data rekam medis dan wawancara. Kuesioner akan dilakukan uji validasi dan uji reabilitas terlebih dahulu di Rumah Sakit yang berbeda. Jika uji validitas dan reabilitas memenuhi syarat, maka kuesioner dapat digunakan untuk pengumpulan data penelitian. Teknik analisis menggunakan regresi logistik berganda.

Kata kunci: BOR, rawat inap, covid-19, pandemi covid-19


Full Text:

PDF

References


DEPKES RI. Buku Petunjuk Pengisian, Pengolahan, dan Penyajian Data Rumah Sakit. Departemen Kesehatan RI. 2005. Jakarta: Depkes RI.

Hosizah dan Maryati. Sistem Informasi Kesehatan II Statistik Pelayanan Kesehatan. 2018. KEMENKES RI.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. 1997. Yogyakarta; Andi.

PERMENPANRB. 2017. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Mahda, Ahmad A. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Bed Occupancy Rate Melalui Kepuasan Pasien. 2020. Tesis Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Jember.

Nurhayati, Indrawati R. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas BOR Rumah Sakit dari Tingkat Hunian dengan Kualitas dan Keselamatan Pasien Sebuah Variabel Intervensi Di Rumah Sakit Siaga Raya Jakarta. Jurnal Hospitalia, 2018; 1(2): 134-145.

Sutrisno. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pasien dan Loyalitas Pasien di RS Tingkat II TNI. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 2015; 2(2): 27-41.

Meidina CL. Analisis Hubungan Kepuasan Pelayanan Kesehatan dengan Pencapaian Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit Bhayangkara Tk-II Medan. Jurnal ilmiah Simantek, 2018; 2 (2): 13-22.

Akbar, Prima S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Peningkatan Bed Occupancy Rate di Rumah Sakit Umum kaliwates Jember. 2019.

Nababan, Benson. Analisis Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Umum Daerah Sukamara Kalimantan Tengah. 2012.

Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 378 Tahun 2020 Tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Corona Virus Disease (Covid-19).

Fahnuriza, A.T., Seha, H.N., dan Pradnyantara, I.GA. Efisiensi Rawat Inap Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nanggulan. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia Vol. 10 No.1, Maret 2022 ISSN: 2337-6007 (online); 2337-585X (Printed); DOI : 10.33560/jmiki.v10i1.389.

Ferial, Agus. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Instalasi Rawat Inap RSUD H. Sulthan Daeng Radja Bulukumba Tahun 2014. 2014. Kosentrasi Manajemen Pelayanan Kesehatan, Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Rachman, Yusuf Aditya. Analisis Hubungan Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon. Ekuivalensi VOL. 3 NO. 2 Oktober 2017.

Winardi, H., Hidayat, W., dan Wijayanto, A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pasien Rawat Inap di SMC Rumah Sakit Telogorejo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2014; vol. 3, no. 2, pp. 8-13.

Saragih, Frida Liharris. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Bunda Thamrin Medan. 2010 Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan.

Utama, S. Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Kesehatan. 2005; 09 (1), 1-7.

Iman, A.T dan Lena, Dewi. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance. 2017. KEMENKES RI.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v6i2.2577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats