Pengaruh Kerjasama Tim dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektivitas Program Penyaluran Bantuan Sosial yang Dimediasi oleh Perilaku Kewargaan Organisasi Pada Yayasan Buddha Tzu Chi (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng)

Felicia Angelina, P.M.Budi Haryono, Fushen Fushen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kerjasama tim dan komitmen organisasi terhadap efektivitas program kerja penyaluran bantuan sosial yang dimediasi oleh perilaku kewargaan (organizational citizenship behavior) pada Yayasan Buddha Tzu Chi (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng). Unit analisis dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di  RSCK Cengkareng Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survey yang dilakukan pada karyawan RSCK Cengkareng sebagai responden. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Jumlah populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh karyawan di RSCK Cengkareng yang terlibat dalam program bantuan sosial, yaitu berjumlah 144 orang karyawan.Hasil penelitian ditemukan bahwa secara keseluruhan hipotesis yang diteliti diterima. Kerjasama Tim dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektivitas Program Penyaluran Bantuan Sosial yang Dimediasi oleh OCB berpengaruh positif terhadap efektivitas keberhasilan program bantuan sosial. Artinya semakin tinggi tingkat kerjasama tim, OCB dalam organisasi juga akan meningkat. Semakin tinggi komitmen maka efektivitas program bansos akan semakin meningkat. Sehingga jika komitmen tersebut dilakukan secara konsisten dapat terus memperkuat OCB dan semakin tinggi OCB maka program bansos akan semakin efektif. OCB berperan penting dalam kerjasama untuk efektivitas individu, kelompok, dan organisasi karena akan mempengaruhi efektivitas keberhasilan program bansos. OCB memegang peranan penting dalam komitmen karyawan terhadap perusahaan karena akan mempengaruhi peningkatan efektivitas organisasi.

Kata Kunci: Kerjasama Tim, Komitmen Organisasi, Efektivitas, Perilaku Kewargaan


Full Text:

PDF

References


Andry, Z. dalam Mowday, R. T. et al. (2019). The Measurement of Organizational Commitment. Journal of Applied Psychology. Vol.84, p. 408-414.

Fachmi, N & Sahrah, A. (2012). Peningkatan Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan Melalui Pelatihan Kerjasama. Faculty of Psychology University of Mercubuana Yogyakarta. Insight. Vol. 10, No.1.

Firmansyah, M Irwanda. (2016). Studi Deskriptif Tentang Sinergias Kewenangan Antara BPJS Kesehatan Dengan Organisasi Profesi Dalam Penyediaan Layanan Kesehatan Di Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik. Volume 4, No. 2, Mei- Agustus 2016 ISSN 2303-341X.

Hamimah, Nur. Dkk. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Kepuasasan Kerja Terhadap Intention to Leave Work. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 6.1.

Kurniasari, D., dkk. (2017). Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Efektivitas Pengendalian Anggaran di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat. Jornal Ilmu Administrasi Publik. Vol. 2, No.2.

Lubis. (2015). Pengaruh Kepuasan kerja Karyawan dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenships Behavior (OCB) Serta Dampaknya Pada Kinerja Organisasi Pada PT. Lafarge Cement Indonesia (LCI) Aceh Besar. Jurnal Manajemen, Vol. 4, No.1, Hal. 201-210.

Manurung, H.N. (2013). Kerjasama Tim meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan. Diakses tanggal 05 Juni 2021 dari Repository.usu.ac.id.

Azwar, S., (2012). Sikap dan perilaku dalam sikap manusia teori dan pengukurannya. 2nded. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 3-22.

Ghozali, Imam & Hengky Latan. (2015). Partial Least Square Konsep. Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris (Edisi ke-2). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J. & Anderson, R. E. (2017). Factor Analysis. In: Multivariate Data Analysis. New Jersey: Pearson Education Inc.

Howe, Neil, & Strauss, William (2007). Millennials Rising. New York: The Next 20 Years Books.

Kaswan, (2014). Leaderships and Teamworking, Membangun Tim Yang Efektif Dan Berkinerja Tinggi Melalui Kepemimpinan. Bandung: Alfabeta.

Lewaherilla, C.N., et.all. (2020). Knowledge Management. Yogyakarta: Zahir Publishing.

McShane, S., & Von Glinow, M. A. (2018). Organizational Behavior English Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Organ, Dennis W., et.al. (2006). Organizational citizenship behavior. Its nature, antecendents, and consequences. California: Sage Publications, Inc.

Robbins, S.P. & Judge, T.A. (2013). Organizational Behavior (14th ED). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sutrisno. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Tititsari. (2014). Peranan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Mitra Wacana Media: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v6i1.1961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats