Efektivitas Portal Pasien Dalam Menunjang Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit
Abstract
Portal pasien sebagai pengembangan teknologi informasi sudah mulai banyak diterapkan di rumah sakit. Pasien sudah mulai dibiasakan untuk menggunakan portal pasien ini untuk berbagai tujuan medis. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui apa saja manfaat yang mempengaruhi efektivitas portal pasien sebagai penunjang pelayanan kesehatan di rumah sakit. Penyusunan artikel dilakukan dengan mengidentifikasi berbagai artikel dari beberapa database. Pemanfaatan portal pasien juga dapat memangkas waktu administrasi kepada tim klinis untuk dapat mengakses riwayat pasien serta memudahkan pasien atau pendamping pasien untuk berkomunikasi dengan tenaga medis serta memonitor keputusan medis yang akan dijalani.
Kata Kunci: portal pasien, rumah sakit, manfaat, akses
Full Text:
PDFReferences
Susanti ID, Sulistiadi W. Efektivitas Website Rumah Sakit Sebagai Media Informasi Era Pandemi. J Manaj Dan Adm Rumah Sakit Indones. 2021;5(2):151–5.
APJII. Buletin APJII Edisi 94-September 2021. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [Internet]. 2021. Available from: https://apjii.or.id/content/read/104/554/BULETIN-APJII-EDISI-94---September-2021 (Diakses 12 November 2021).
Irizarry T, De Vito Dabbs A, Curran CR. Patient Portals and Patient Engagement: A State of the Science Review. J Med Internet Res. 2015;17(6):1–15.
Risling T, Martinez J, Young J, Thorp-Froslie N. Evaluating Patient Empowerment in Association With eHealth Technology: Scoping Review. J Med Internet Res. 2017;19(9):1–10.
Peacock S, Reddy A, Leveille SG, Walker J, Payne TH, Oster N V., et al. Patient portals and personal health information online: Perception, access, and use by US adults. J Am Med Informatics Assoc. 2017;24(e1):e173–7.
Lehmann J, Buhl P, Giesinger JM, Wintner LM, Sztankay M, Neppl L, et al. Using the Computer-based Health Evaluation System (CHES) to Support Self-management of Symptoms and Functional Health: Evaluation of Hematological Patient Use of a Web-Based Patient Portal. J Med Internet Res. 2021;23(6):1–14.
Creber RMM, Grossman L V, Ryan B, Qian M, Polubriaginof FCG, Restaino S, et al. Engaging hospitalized patients with personalized health information: a randomized trial of an inpatient portal. J Am Med Informatics Assoc. 2019;26(2):115–23.
Kelly MM, Thurber AS, Coller RJ, Khan A, Dean SM, Smith W, et al. Parent Perceptions of Real-time Access to Their Hospitalized Child’s Medical Records Using an Inpatient Portal: A Qualitative Study. Hosp Pediatr. 2019;9(4):273–80.
McAlearney AS, Sieck CJ, Gaughan A, Fareed N, Volney J, Huerta TR. Patients’ Perceptions of Portal Use Across Care Settings: Opportunities for Improved Convenience, Information Access, and Engagement. 2018.
Lockhart S, Wallace I, Nugent A, Black N, Quinn M, Johnston PC. A Survey of Patient’s Perceptions and Proposed Provision of a “Patient Portal” in Endocrine Outpatients. Ulster Med J. 2019;88(3):157–61.
McAlearney AS, Fareed N, Gaughan A, MacEwan SR, Volney J, Sieck CJ. Empowering Patients during Hospitalization: Perspectives on Inpatient Portal Use. Appl Clin Inform. 2019;10(1):103–12.
DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v6i1.1834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats