Analisis Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Minat Pemanfaatan Ulang Layanan Rawat Jalan RS Helsa Jatirahayu Tahun 2021

Ria Waty, Yuli Prapanca Satar, Aditya Galih Prihantono

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang: Mutu layanan tidak hanya menjadi elemen penting bagi pasien dalam membuat keputusan pemilihan rumah sakit tetapi juga menjadi alat untuk menentukan minat pemanfaatan ulang dan niat untuk merekomendasikannya kepada orang lain. Turunnya angka kunjungan pasien lama di instalasi rawat jalan RS Helsa Jatirahayu mengindikasikan kemungkinan adanya ketidakpuasan pasien terhadap kualitas layanan yang diberikan sehingga mempengaruhi minat pemanfaatan ulang layanan. Penurunan jumlah kunjungan ini juga tidak lepas dari kondisi Pandemi Covid-19, yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap keamanan rumah sakit di masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutu layanan rawat jalan meliputi efektivitas, efisiensi, informasi, hubungan antar manusia, keamanan, dan tepat waktu terhadap minat pemanfaatan ulang layanan rawat jalan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data diolah dan dianalisis dengan metode univariat, bivariat, dan multivariat menggunakan uji analisis regresi logistik. Hasil: Terdapat hubungan efisiensi (p=0,000), hubungan antar manusia (p=0,000), informasi (p=0,041) dan keamanan (0,002), namun tidak ada hubungan efektivitas (p=0,077), dan tepat waktu (p=0,314) terhadap minat pemanfaatan ulang layanan rawat jalan RS Helsa. Hasil analisis pengaruh secara bersama-sama didapatkan bahwa hubungan antar manusia dengan OR = 3,87 (95%CI: 1,244-12,057) dan keamanan dengan OR = 2,89 (95%CI:1,244-12,057) berpengaruh terhadap minat pemanfaatan ulang layanan rawat jalan, dengan efektivitas dan efisiensi sebagai faktor perancu. Simpulan: Terdapat pengaruh efisiensi, informasi, hubungan antar manusia serta keamanan terhadap minat pemanfaatan ulang layanan rawat jalan, dan variabel yang paling dominan berpengaruh adalah hubungan antar manusia.

Kata kunci          : Mutu Layanan, Minat Pemanfaatan Ulang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v5i2.1510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats