Pengaruh Kompentensi Dan Kepatuhan Petugas Kesehatan Terhadap Pengambilan Keputusan Pasien Melakukan Rawat Inap Dengan Pencapaian Indikator Triase Sebagai Variabel Intervening Instalasi Gawat Darurat RS.AM

Rika Widiawati, Andry Andry, Hasyim Achmad

Abstract


Instalasi Gawat Darurat merupakan instalasi yang paling tinggi aktivitasnya terutama dalam menangani pasien kegawatdaruratan. Kegagalan dalam penanganan kasus kedaruratan disebabkan oleh kegagalan mengenal resiko, keterlambatan rujukan, kurangnya sarana yang memadai maupun kurangnya pengetahuan dan keterampilan tenaga medis, paramedis. Pelayanan instalasi tersebut dilakukan berdasarkan triase, bukan berdasarkan antrian untuk mengurangi angka mortalitas dan morbiditas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan kepatuhan petugas kesehatan terhadap pengambilan keputusan pasien melakukan rawat inap dengan pencapaian indikator triase sebagai variabel intervening instalasi gawat darurat RS.AM. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode non parametrik. Metode analisis two stage least square (2SLS) dan analisis jalur dengan sampel penelitian sebanyak 15 orang dokter jaga IGD RS.AM. Kompetensi dan kepatuhan petugas kesehatan adalah variabel independen. Indikator triase adalah variabel intervening. Pengambilan keputusan pasien melakukan rawat inap adalah variabel dependen. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Pengujian analisis data menggunakan program software statistic for windows versi 16. Hasil penelitian didapatkan variable kompetensi dan kepatuhan petugas kesehatan didapati memiliki pengaruh tidak langsung terhadap pengambilan keputusan pasien melakukan rawat inap, dan variable kompetensi dan kepatuhan petugas kesehatan memiliki pengaruh langsung terhadap indikator triase, serta variable indikator triase memiliki pengaruh tidak langsung terhadap pengambilan keputusan pasien melakukan rawat inap. Hal ini menunjukan bahwa pasien RS.AM merasakan puas terhadap pelayanan IGD dan kinerja dokter serta pasien merasa telah melakukan keputusan yang benar memilih RS.AM.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anoraga, Pandji. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Arikunto, Suharmisi. Prosedur Penilitian (Suatu Pendekatan Praktek). PT.Gramedia. 2006

Basu Swastha dan T. Hani Handoko. Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM. 2000.

David, Richar. People Management: Teori dan Strategi (Tantangan & peluang). Kencana, Jakarta, 2007.

Dessler, Garry. Manajemen sumber daya manusia jilid kedua, PT. Indeks, Jakarta, 2009.

Dessler, Garry. “Human Resource Managing”, 8 edition, Prentice Hall, USA, 2000.

Dharma, Surya. Manajemen Kinerja : Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 2005

Emergency Severity Index (ESI), A Triage Tool for Emergency Departement Care Version 4, 2012.

Engel, J.F. et.al. Consumer Behavior Jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara. 1994.

Flippo, Edwin B. Manajemen Personalia, Edisi VI, PT. Erlangga, Jakarta. 1995.

Ghozali, Imam. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP. 2009.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2005

Gilboy N, Tanabe P, Debbie T, Rosenau AM. Emergency Severity Index (ESI): A Triage Tool for Emergency Department Care Version 4 Implementation Handbook 2012 Edition. AHRQ Publi. Rockville, MD: Agency for Healthcare Research and Quality; 2011.

Guidelines on the implementation of the Australian Triage in Emergency Departments, July. 2016.

Hasibuan, S.P, Melayu. Manajemen Sumber daya Manusia, cetakan kesepuluh, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta. 2007

Iqbal, hasan. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, PT. Bumi Aksara. Jakarta. 2006.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2008.

Kemenkes RI. No.129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Kemenkes RI. Permenkes RI No. 856/Menkes/SK/IX/2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo. 2000.

Matutina. Manajemen Sumber daya Manusia, cetakan kedua, Gramedia Widia Sarana Indonesia, Jakarta. 2001

M.Singarimbun, Sofian Effendi, Metode Penelitian Survei, LP3ES, 1997.

Moh. Nasir, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, 1999.

Rivai, Veithzal M.B.A. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Schiffman and Kanuk. Perilaku konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.2008.

Sugiyono. Statistik untuk Penelitian, Cetakan ke delapan. Bandung: CV.Alfabeta. 2005.

Sulistyani, dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengembangan Konteks Organisasi Publik, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

Supriyanto, Achmad Sani dan Machfudz, Masyhuri. Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN-MALIKI Press. 2010.

Sutrisno, Edy. Budaya Organisasi. Kencana, Jakarta. 2010.

Terry, George R. Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi Aksara, Jakarta. 2003

Willson and Heyyel. Hand Book Of Modern Office Management and Administration Service. Mc Graw Hill Inc. New Jersey.1987.

Wungu & Brotoharjo. Tingkatkan Kinerja Perusahaan Anda Dengan Merit Sistem. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka, 2003.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats