Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Sayur Organik di Sayorganik Gresik

Sheptyan Anjas Wicaksono, Teguh Soedarto, Nuriah Yuliati

Abstract


Pertanian organik merupakan salah satu bagian dari sektor pertanian yang mendapat perhatian besar masyarakat di negara maju maupun negara berkembang seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih mementingkan kualitas kesehatan manusia maupun kesehatan lingkungan. Sayuran organik adalah sayuran yang dibudidayakan dengan teknik pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa bahan-bahan kimia sintetis. Budidaya sayur organik dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar kota Gresik dalam meningkatkan ekonomi dan kesehatan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen sayur organik di Sayorganik Gresik dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pembelian sayur organik di Sayorganik Gresik. Penelitian ini menggunakan data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mayoritas konsumen yang membeli sayuran organik di Sayorganik adalah konsumen berjenis kelamin Perempuan dengan usia 20-35 tahun, berpendidikan terakhir sebagai Diploma atau Sarjana, memiliki pekerjaan sebagai wiraswasta dengan pendapatan sebesar > Rp5.000.000. Secara parsial variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, kemudahan akses produk, dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variabel harga produk dan kesehatan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Kata kunci: Pertanian Organik, Sayur Organik, Kepuasan konsumen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jir.v15i3.4340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Respati

Flag Counter

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.