Hubungan Pengetahuan Kebersihan Alat Kelamin Bagian Luar Dengan Kejadian Flour Albus (Keputihan) Pada Remaja Kelas 12 SMA PGRI 1 Kota Bekasi Tahun 2023

Regita Damayanti, Friska Junita, Hainun Nisa

Abstract


Latar Belakang : Selama masa remaja, kesehatan reproduksi menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan Kesalahan dalam membersihkan alat reproduksi menyebabkan berbagai masalah reproduksi. Genitalia lembab dapat menimbulkan jamur pencetus keputihan. Personal hygiene pada daerah genitalia yaitu dengan vulva hygiene. Vulva hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kesehatan organ kewanitaan bagian luar (vulva) yang dilakukan untuk mempertahankan kesehatan dan mencegah infeksi. Tujuan Penelitian : Mengetahui Hubungan Pengetahuan Kebersihan Alat Kelamin Bagian Luar Dengan Kejadian Flour Albus (Keputihan) Pada Remaja Kelas 12 SMA Pgri 1 Kota Bekasi Tahun 2023. Metode Penelitian : Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif serta analitik observasional dan dengan desain cross sectional. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil Penelitian : Dari total frekuensi 91 orang (100%) sebanyak 7 orang (7.7%), remaja yang memiliki tingkat pengetahuan mengenai kebersihan genetalia eksterna kurang tetapi tidak mengalami keputihan sebanyak 11 orang (12.1%), remaja yang memiliki tingkat pengetahuan mengenai kebersihan genetalia eksterna yang baik dan mengalami keputihan sebanyak 6 orang (6.6%) dan remaja yang memiliki tingkat pengetahuan mengenai kebersihan genetalia eksterna yang baik dan tidak mengalami keputihan sebanyak 67 remaja (73.6%). Berdasarkan uji Pearson Chi-Square diketahui bahwa nilai P sebesar 0,001 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan kebersihan alat kelamin bagian luar dengan kejadian flour albus (keputihan) pada remaja kelas 12 SMA PGRI 1 Kota Bekasi tahun 2023. Hal ini diperkuat dengan hasil P-value sebesar 0,001 atau Sig <0,05 maka dengan ini Ha diterima.
Kata kunci: Pengetahuan, Keputihan, Remaja

Keywords


Pengetahuan, Keputihan, Remaja

Full Text:

PDF

References


Agung, I.G. dkk. 2021. Faktor Risiko Lesi Prakanker Leher Rahim (Serviks). Pasuruan : Qiara Media

Avia, I. dkk. 2021. Penelitian Keperawatan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Ayu, W. D. 2022. Supervisi Keperawatan. Cirebon : CV. Rumah Pustaka.

Dewi, R.K. 2022. Pengantar Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. Yayasan Kita Menulis. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Fadjarajani, S, dkk. 2020. Metodelogi Penelitian Pendekatan Multidisiplinez. Gorontalo : Ideas Publishing.

Gainau, M. B. 2021. Perkembangan Remaja dan Probratikanya. Yogyakarta : PT Kanisus

Handayani, R, dkk. 2022. Dasar Kesehatan Reproduksi. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Ismainar, H, dkk. 2016. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Mutianingsih, R, dkk 2022. Penyuluhan Kesehatan dalam Siklus Hidup Perempuan. NEM.

Ningsih, E.S. 2021. Kesehatan Reproduksi Remaja. Bandung : Media Sains Indonesia.

Sa’adah, L. 2021. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jombang : LPPM

Saat, S and Mania, S. 2020. Pengantar Metodologi Penelitian: Panduan bagi Peneliti Pemula. Gowa : Pusaka Almaida.

Shohimah, S.N dan Ritanti. 2022. Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Remaja Dengan Masalah Resiko Perilaku Seks. Sukabumi : Haura Utama.

Siyoto, S dan Ali, S. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.

Srimiyati. 2020. Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet Berpengaruh Terhadap Pengetahuan dan Kecemasan Wanita Menghadapi Menopause. Surabaya : CV. Jakad Media Publishing.

Subakti, H. dkk. 2021. Riset Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Bandung : Media Sains Indonesia

Syapitri, H, Amila dan Juneris, 2021. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Malang: Ahlimedia Press.

Pakpahan, M. dkk. 2022. Pengantar Kesehatan Masyarakat. Medan : Yayasan kita menulis

Panduwiguna, I, dkk. 2022. Metodelogi penelitian farmasi. Bandung : CV.Media Sains Indonesia

Podungge, Y, Sri, N dan Sri, Y (2022). Buku Referensi Remaja Sehat, Bebas Anemia. Yogyakarta : CV. Budi Utama

Pratiwi, A.P. 2022. Masalah Kesehatan Masyarakat : Pekerja Dan Remaja Putri. Sidoarjo : Uwais Inspirasi Indonesia

Prisusanti, R.D, dkk. 2021. Keterampilan Klinik Praktek Kebidanan. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Jurnal :

Arifiani, I. R. D. U., & Samaria, D. U. (2021). Gambaran Pegetahuan, Sikap, dan Motivasi terkait Vulva Hygiene pada Remaja Wanita di RW 02 Bojong Menteng, Bekasi. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia Vol, 5(1).

Astuti, S., & Hartinah, H. (2016). Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Remaja Putri Dalam Penanganan Keputihan Di Desa Cilayung. Jurnal Sistem Kesehatan, 2(1).

Berliana, P. R. (2018). Hubungan Perilaku Vulva Hygiene dengan Kejadian Keputihan di SMP 2 Mejobo Kudus. Prosiding HEFA (Health Events for All).

Hanipah, N., & Nirmalasari, N. (2021). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Vulva Hygiene Dalam Menangani Keputihan (Fluor Albus) Pada Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(2).

Indriati, R., Ningsih, E. D., & Sari, E. N. (2014). Hubungan tingkat pengetahuan tentang kebersihan genetalia dengan kejadian keputihan pada siswi sma kelas xi ipa di sma negeri 1 tawangsari. Kosala: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v14i2.3227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License