Hubungan Peran Orang Tua Dalam Metode Daring Terhadap Prestasi Anak di Era Pandemi Covid 19 Pada Siswa SDN 03 Gedong Pagi, Jakarta Timur Tahun 2021

Idham Idham, Samsuni Samsuni, Fajar Susanti

Abstract


Keberhasilan dalam mencapai pengembangan intelektual pada anak sekolah tidak lepas dari peran orang tua dalam pendampingan belajar di masa covid -19. Pembelajaran daring, orang tua berperan dalam membimbing sikap dan keterampilan serta akademik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran orang tua dalam metode daring terhadap prestasi anak di era pandemi covid-19 Siswa SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan desain kuantitatif deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 1-6 SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur sebanyak 406 orang dan sampel sebanyak 80 orang, menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan google form. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa sebagian besar prestasi anak baik (83,75%) dan sebagian besar peran orang tua baik (63,7%). Hasil uji chi-square menunjukkan ada hubungan peran orang tua dalam metode daring dengan prestasi anak di era pandemi Covid-19 di SDN 03 Gedong Pagi Jakarta Timur (pvalue= 0,001). Simpulan: sebagian besar prestasi anak baik, saran: pihak sekolah perlu melakukan koordinasi dan sharing dengan orang tua (ayah dan ibu) untuk mempertahankan serta meningkatkan peran sertanya dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci          : Peran orang tua, prestasi anak, pandemic covid-19.


Full Text:

PDF

References


Amongguru, 2020.“Pembelajaran Daring dan Luring : Pengertian, Ciri-ciri, Serta Perbedaannya” https://www.amongguru.com/pembelajaran-daring-dan-luring-pengertian-ciri-ciri-serta-perbedaannya.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astini, Ni Komang Suni. 2020.Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. STKIP Agama Hindu Amlapura

Bilfaqih, Yusuf. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Cahyati, N. dan Kusumah, R. 2020.Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian.

Darojati, 2020.Peran Orang Tua Sebagai Guru Di Rumah Pada Pembelajaran Daring Di SD Negeri Kebonromo 3 Sragen Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian.

Diah Handayani,et.al. 2020.Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. Vol 40.No. 2, April 2020.Perhimpunan Dokter Paru Indonesia

Euis Kurniati, dkk. 2020.Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian.

Friedman. 2014. Buku Ajar Keperawatan Keluarga (Riset, Teori, & Praktik). Jakarta: ECG

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. 2020.Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pan demic Period. ndonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Hadisi, dan Muna. 2015. Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.

Hamalik, O., 2011, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hastono, S.P. 2016. Analisis Statistik Untuk Fakultas Kesehatan. FKM UI

Hendriyanto, Muhammad Nurikhwan. 2016. Peran Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK 45 Wonosari. UNY.

Hidayat, A, A. 2013. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Kemendikbud, RI. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar penilaian pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta

Kemendikbud, RI. 2020.Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta

Kemenkes RI. 2020.Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.

Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Lestari, Karlina. 2020.Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini yang Perlu Dipahami. Jurnal Pendidikan Anak

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik. Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana

Lilawati, A. 2020.Peran Orang Tua dalam Baik Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. 2011. e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14, 129-135.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nursalam. 2015. Metodologi ilmu keperawatan, edisi 4, Jakarta: Salemba Medika.

Perantika, Roliza. 2021. Peran Orang Tua dalam Belajar Daring Siswa MIN 1 Kepahiang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian.

Pingkan, dkk, (2015). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDN Inpres I Tumaratas Kecamatan Langowan Barat. Jurnal Keperawatan

Purwantaka, 2020.Peran Guru Dalam Era Pendidikan Daring. Jurnal Penelitian.

Putira. 2020. Analisa Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian.

Riduwan, dan Akon. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta

Riyana, C. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sabri, Luknis dan Hastono, S.P. 2018. Statistik Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa

Saifuddin, M.F. 2018. E-learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102–109.

Sardiman A,M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.

Sari, P. 2015. Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6 (2), 20–35.

Setyawan dan Arifin. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT. Yogyakarta: PT. Skripta Media Creative

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soetjipto & Raflis, K. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka cipta.

Subianto, Jito. 2013. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Pembentukan Karakter Berkualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 8 No. 2, 331-33

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Adityo et al. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia.Vol. 7, No.

Syah, R. H. 2020.Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Trisnawati, Wahyu dan Sugito. 2020.Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid 19. Jurnal Penelitian.

WHO. 2020. Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). www.who.com/covid-19

Winarti, A. 2020.Implementasi Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. In JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat.

Winingsih, Endang. 2020.Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh.

Wong, Donna L. 2015. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Wong (6 ed. ). Jakarta: EGC

Yulianingsih, Wiwin. 2020. Keterlibatan Orang tua dalam Pendampingan Pembelajaran Anak selama masa pandemi covid -19.

Zulifah, Nuruz. 2011. Hubungan Keterlibatan Orang Tua Terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negri 10 Surabaya. IAIN Sunan Ampel Surabaya




DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v12i3.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License