HUBUNGAN ANTARA METODE PERAWATAN TALI PUSAT DENGAN LAMANYA PELEPASAN TALI PUSAT DI BPM NY. T SUBANG

Putri Selvia, Darnialis Darwis

Abstract


Tujuan dari perawatan tali pusat yaitu mencegah terjadinya penyakit Tetanus pada bayi baru lahir. Air susu khususnya kolostrum sudah lama terbukti mengandung faktor - faktor bioaktif antara lain immunoglobin, enzim, sitokin dan sel - sel yang memiliki fungsi efektif sebagai anti infeksi dan anti implamasi. Dengan berbagai macam kandungan zat yang bermanfaat tersebut kolostrum menjadi bahan alternative untuk perawatan tali pusat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Perawatan Tali Pusat Antara Metode ASI dan Kass Bersih Kering Terhadap Lamanya Waktu Pelepasan Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir Di BPM Ny. T Desa Sukasari Kabupaten Subang  Maret - April Tahun 2015.

Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan metode Pre test and Posted with Control Design, teknik sampel yang digunakan  sampling jenuh dengan jumlah  26 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini  lembar observasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan diolah dengan menggunakan analisis Univariat dan analisis Uji T.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil yaitu dari 26 orang bayi baru lahir rata-rata waktu pelepasan tali pusat  dengan menggunakan metode ASI adalah 5,158 hari dengan standar devisiasi 0,987 hari, sedangkan dengan menggunakan metode Kassa rata-rata waktu pelepasan tali pusat adalah 7,154 hari dengan standar devisiasi 1,864 hari . Hasil Uji Statistik nilai p=0,003, berarti alpha 5%  ada perbedaan yang signifikan rata-rata  waktu pelepasan tali pusat antara metode ASI dan Metode Kassa.

Diharapkan kepada semua tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan upaya pencegahan infeksi melalui  perawatan tali pusat yang cepat dan aman pada bayi baru lahir yaitu dengan menggunakan metode ASI.

 

Kata kunci      : Lamanya Pelepasan Tali Pusat, ASI,   Kassa Kering Bersih .


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v6i1.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License