Hubungan Nilai Hematokrit Terhadap Jumlah Trombosit Pada Pasien Anak Penderita Demam Berdarah Dengue di RSU Universitas Kristen Indonesia

Sabarina Elfrida Manik, Yolanda Dwi Ramadhan

Abstract


Demam dengue atau adalah penyakit demam virus akut yang sering disertai dengan gejala sakit kepala, mual, ruam. Demam Berdarah Dengue (DBD) ini merupakan penyakit menular yang di sebabkan oleh virus dengue. Virus ini menginfeksi manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti yang mentransmisikan virus dengue bersama air liurnya. ). Infeksi dengue dapat memberikan gejala klinis dari ringan sampai berat bahkan dapat menimbulkan kematian.

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara jumlah trombosit dengan penderita demam berdarah dengue  pada pasien anak. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit UKI denga jumlah pasien sebanyak 50 orang. Data yang di ambil merupakan data sekunder dari instalasi rekam medik adalah nilai hematokrit dan jumlah trombosit. Data tersebut di uji menggunakan uji spearman.

Hasil penelitian Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata hematokrit pada pasien DBD anak yaitu 35,970 sel/mm3 dan rata-rata trombosit pada pasien DBD anak yaitu 102,16 sel/mm3. Dari hasil tersebut didaptkan hasil yang signifikan signifikan antara hasil pemeriksaan hematokrit dan trombosit pada suspek demam berdarah dengue pada anak dengan nilai r = 0,735 (p = 0,00). Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antar nilai hematokrit dan jumlah trombosit.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v11i2.1180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan

Flag Counter

         

 

JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License