HUBUNGAN KUALITAS DAN KARAKTERISTIK PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KLIEN DI KAMAR BEDAH RUMAH SAKIT UMUM JATI SAMPURNA BEKASI
Abstract
Kualitas Pelayanan Keperawatan mencerminkan keberhasilan suatu rumah sakit dalam pelayanan kesehatan terhadap klien, terlebih lagi kualitas pelayanan di kamar bedah sangat menentukan bagi costumer dalam pelayanan kesehatan.kualitas pelayanan keperawatan kamar bedah terhadap tingkat kepuasan klien (pelanggan) sebaiknya melihat beberapa aspek yang antara lain ketanggapan (responsiveness), kehandalan ( relibility), jaminan (assurance), empati (emphaty) dan penampilan (tangible). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan klien di kamar bedah RSU Jati Sampurna dengan jenis penelitian deskriptif korelasi rancangan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden yaitu klien sendiri kecuali anak- anak, klien dengan keadaan kritis dan klien yang mengalami gangguan mental. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh responden. Analisis data dengan bivariat dan univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan klien ada hubungan yang bermakna dengan P value = 0,000. Yang mempengaruhi dalam kualitas pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan klien (pelanggan) yang diberikan oleh perawat di kamar bedah Rumkit Polpus RS Sukanto, jakarta. Oleh karena itu disarankan agar perawat di Kamar Bedah RSU Jati Sampurna lebih meningkatkan lagi kemampuannya dalam memberikan pelayanan keperawatan.
Kata kunci: Konsep Kamar Bedah. Kualitas pelayanan keperawatan, tingkat kepuasan klien ( pelanggan).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/jbik.v5i1.110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan
JURNAL BIDANG ILMU KESEHATAN by http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License