Pelatihan Membuat Ijin Usaha Secara On-Line Di Tengah Pandemi Covid 19, Untuk Usaha Mikro Dan Kecil Di Kelurahan Bambu Apus Cipayung, Jakarta Timur

Dinni Agustin, Robert Siregar, Mei Supriyani, Nurminingsih Nurminingsih

Abstract


Izin usaha mikro dan kecil yang selanjutnya disingkat dengan IUMK adalah tanda legalitas atau kepastian hukum kepada pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil, maka setiap usaha harus memiliki izin secara legal. Kenyataanya, banyak para pelaku usaha kecil yang belum mengetahui tentang Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan peruntukannya.  Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberi pemahaman kepada pelaku UMKM tentang mudahnya proses pembuatan ijin usaha bagi UMK, karena masih banyak diantara pelaku UMK yang masih belum memiliki ijin, terlebih dalam kondisi seperti sekarang ini, dengan adanya peraturan jarak fisik karena wabah covid-19 maka sulit bagi mereka untuk mengurus ijin atau bahkan bertanya mengenai bagaimana prosedur pembuatan ijin usaha. Oleh karena pelatihan ini dilakukan melalui aplikasi zoom. Hasil dari kegiatan pelatihan adalah antusiasme peserta yang mendaftar melalui zoom sebanyak 281 peserta dengan pertanyaan seputar syarat-syarat untuk mengajukan ijin usaha secara online serta bagaimana mengembangkan usahanya melalui medi online.

Kata kunci: ijin usaha online, UMK


Full Text:

PDF

References


Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 98 Tahun 2014

Deandra Syarizka, ‘Kontribusi UMKM terhadap PDB 2019 Diproyeksi Tumbuh 5%’ (Bisnis.com, 9 Januari 2019) diakses pada 19 Oktober 2019.

Dyah Ikhsanti, ‘4 Manfaat Utama Jika Usaha Anda Memiliki Surat Izin yang Sah’ (Atur Duit, 6 Maret 2019) diakses pada 19 Oktober 2019.

Eril Obeit Choiri, ‘Pentingnya Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Indonesia’ (Jurnal by Mekari, 7 April 2018)

pentingnya-memiliki-izin-usaha-mikro-kecil-iumk-bagi-umkm-di-indonesia> diakses pada 19 Oktober 2019.

Muhammad Zainul Arifin, Understanding The Role Of Village Development Agency In Decision Making, Kader Bangsa Law Review,

http://ojs.ukb.ac.id/index.php/klbr, https://scholar.google.co.id/citations?use

r=SFDX82UAAAAJ&hl=id, https://unsri.academia.edu/MuhammadZainul

Arifin, https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Arifin

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v4i2.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.