History Of Everyday: Mendengar Narasi Kecil Sejarah Banggeris Kota Samarinda 1980-1990

Michael Silvester Mitchel Vinco, Fathimah Dayaning Pertiwi, Rizal Izmi Kusumawijaya, Muhammad Rangga, Akhmad Rahmadi

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk merekam narasi kecil masyarakat yang tinggal di Jalan Banggeris Kota Samarinda 1980-1990. Permasalahan pengabdian ini adalah visi Indonesia Emas 2045 dilandasi kisah sejarah bangsa yang penuh makna. Namun, sejarah selama ini menjadi milik “orang-orang besar” dari peristiwa yang dianggap penting. Kisah-kisah kehidupan sehari-hari belum banyak diperhatikan. Kisah-kisah yang seharusnya menjadi bagian masyarakat semakin dilupakan. Masyarakat terancam hidup dalam kondisi amnesia sejarah atau lupa dengan sejarahnya. Pengabdian ini menggunakan metode aksi dari teori kritis atau pedagogi kritis. Subyek pengabdian adalah penduduk di sekitar Jalan Banggeris Kota Samarinda yang mengalami masa 1980-1990. Hasil pengabdian adalah rekaman kisah sehari-hari para penduduk, benda-benda masa lalu, dan pameran sejarah di sekitar lokasi pengabdian. Pengabdian ini penting dilakukan karena dapat meningkatkan rasa percaya diri masyarakat terhadap sejarah di tengah zaman yang penuh ketidakpastian. Hal itu juga berarti mengatasi hambatan-hambatan mentalitas dari masyarakat di Kalimantan Timur.

Kata Kunci: Narasi Kecil, Kisah Kecil, Sejarah Mikro, Samarinda 1980-1990.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Iggers G. A Global History of Modern Historiography. Second edition. | New York, NY : Routledge, [2016]: Routledge; 2016.

Munslow A. A History of History. Routledge; 2012.

Templer W. The History of Everyday Life: Reconstructing Historical Experiences and Ways of Life. Ludtke A, editor. Princeton University Press; 1995.

Jenderal D, Tinggi P, Pendidikan K, Kebudayaan D. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. 2020.

Sasikirana V, Herlambang YT. E-Tech Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. Available from: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-techr

Setiawan J, Sudrajat A. Pemikiran Postmodernisme Dan Pandangannya Terhadap Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat. 2018 Feb 28;28(1):25.

Sjamsuddin H. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak; 2007.

Supriatna N, Maulidah N. Pedagogi Kreatif Menumbuhkan Kreativitas dalam Pembelajaran Sejarah Dan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2020.

Ammert N. History as Knowledge. Peter Lang D; 2015.

Boldt A. Ranke: objectivity and history. Rethink Hist. 2014 Oct 2;18(4):457–74.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v9i1.5459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.