Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Penilaian Kurikulum Merdeka pada Guru MGMP Ekonomi Perbankan dan Kewirausahaan

Ali Muhson, Kiromim Baroroh, Daru Wahyuni, Tejo Nurseto, Sulasmi Sulasmi

Abstract


Penerapan Kurikulum Merdeka di Indonesia menuntut adanya perubahan signifikan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam hal penilaian yang lebih holistik dan berfokus pada pengembangan kompetensi siswa. Guru MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Ekonomi, Perbankan, dan Kewirausahaan, khususnya yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU Daerah Istimewa Yogyakarta, dihadapkan pada tantangan untuk memahami dan mengimplementasikan penilaian yang sesuai dengan kurikulum ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan penilaian yang relevan dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pelatihan teoritis, dan pendampingan implementasi di lapangan. Pelatihan teoritis memberikan dasar pemahaman tentang konsep dan prinsip penilaian Kurikulum Merdeka. Pendampingan dilakukan melalui kunjungan kelas dan diskusi kelompok, yang bertujuan untuk membantu guru mengatasi tantangan yang muncul selama proses implementasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam hal pemahaman dan penerapan penilaian Kurikulum Merdeka. Guru-guru yang terlibat dalam pelatihan ini mampu merancang dan melaksanakan penilaian yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran, di mana penilaian yang diterapkan dapat mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa, sesuai dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, asesmen, Ekonomi, Perbankan, Kewirausahaan.

Full Text:

PDF

References


D. Supriadi, “Peningkatan Pemahaman dan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan dan Pendampingan,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 2, no. 23, pp. 123–132, 2023.

C. Schons, A. Obersteiner, F. Fischer, and K. Reiss, “Toward adaptive support of pre-service teachers’ assessment competencies: Log data in a digital simulation reveal engagement modes,” Learn Instr, vol. 94, Dec. 2024, doi: 10.1016/j.learninstruc.2024.101979.

M. Ridwan, “Peranan Lembaga Pendidikan Ma’arif Nadhlatul Ulama Dalam Penyebaran Pendidikan Islam Di Indonesia,” Fikrah: Journal of Islamic Education, vol. 4, no. 1, pp. 53–64, 2020.

E. Hasim, “PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PERGURUAN TINGGI DI MASA PANDEMI COVID-19 ,” in Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo., 2020.

N. Maghfiroh and M. Sholeh, “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPSI DAN ERA SOCIETY 5.0,” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 5, pp. 1185–1196, 2022.

J. Syarif, “Dinamika Lembaga Pendidikan Ma’arif Nu Dalam Sistem Pendidikan Nasional,” ANTASARI PRESS, 2014.

M. A. Fathih, M. Amin Fathih, A. Malik, and K. Amrullah, “Model Pengelolaan dan Problematika di Lembaga Madrasah Ma’arif NU,” 2022. [Online]. Available: https://jurnal.maarifnumalang.id/

Z. Yan and G. T. L. Brown, “Assessment for learning in the Hong Kong assessment reform: A case of policy borrowing,” Studies in Educational Evaluation, vol. 68, Mar. 2021, doi: 10.1016/j.stueduc.2021.100985.

K. Ćwirynkało, M. Parchomiuk, U. Bartnikowska, B. Antoszewska, and K. Barzykowski, “Assessing polish teachers’ competencies in working with Ukrainian refugee students: A comparative study across different contexts,” International Journal of Intercultural Relations, vol. 101, Jul. 2024, doi: 10.1016/j.ijintrel.2024.102005.

U. Kalim, “Evaluating Teacher Competencies in Pakistan’s Public Schools: Enhancing the Impact of Professional Development Programs,” Eval Program Plann, p. 102467, Jul. 2024, doi: 10.1016/j.evalprogplan.2024.102467.

M. Grgic, “Competencies and beliefs of Swiss teachers with regard to the modular curriculum ‘Media and ICT,’” International Journal of Educational Research Open, vol. 5, Dec. 2023, doi: 10.1016/j.ijedro.2023.100288.

D. Wahyuningsih, “Keberhasilan Pengabdian Masyarakat: Analisis Faktor Penentu. Jurnal Pengabdian Masyarakat,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 12, no. 3, pp. 123–132, 2020.

A. Sukmaningrum, “Peningkatan Kepuasan Peserta dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui Pendekatan Partisipatif.,” Jurnal Inovasi Pengabdian, pp. 89–98, 2021.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i4.4840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.