Pelatihan Publik Speaking Dengan Power Point Kreatif Bagi Calon Guru di Prodi Pendidikan, STT Bethel Indonesia

Yusak Setianto, Yehezkiel V Fernando

Abstract


Berbicara di depan umum menjadi hal yang susah dilakukan sebagian orang salah satunya bagi calon guru pendidikan di STT Bethel Indonesia. Tentu mahasiswa/i calon guru pendidikan harus pandai untuk dapat berbicara di depan umum. Dalam penelitian ini, tujuan utama yaitu memberikan wawasan edukasi yang luas dan dalam akan publick speaking melalui pelatihan yang diadakan penulis. Metode dalam pengabdian masyarakat ini ada empat tahapan yaitu (1) perencanaan kegiatan, (2) melaksanakan kegiatan pengabdian, (3) membagikan kelompok- kelompok di lapangan, dan (4) memberikan saran dan masukan bagi mahasiswa/i calon Guru pendidikan. Hasilnya dengan adanya pengabdian masyarakat ini tentunya memberikan wawasan yang luas akan para calon guru pendidikan untuk dapat berani tampil di depan umum dan juga membantu mental mereka nantinya ketika praktik di sekolah-sekolah yang ditetapkan kampus.

Kata kunci: pengabdian masyarakat; praktik sekolah; mahasiswa/i; calon guru

Full Text:

PDF

References


Y. Mahendra, Y. Fernando, and A. Runesi, “Metode Sersan Sebagai Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif dalam Kelas Virtual di Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 1668–1677, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2187.

Suko, MENJADI CALON GURU. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

W. Kusuma and T. Alawiyah, GURU PENGGERAK: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Yogyakarta: ANDI: Penerbit Buku dan Majalah Rohani, 2021.

Y. N. Febianti, “PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF,” J. Edunomic, vol. 6, no. 2, pp. 93–102, 2018, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/229997374.pdf.

K. Rizkita and B. R. Saputra, “Bentuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik dengan Penerapan Reward dan Punishment,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 20, no. 2, pp. 69–73, 2020, doi: 10.24036/pedagogi.v20i2.663.

Abdullah Ali, “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas,” J. Eksp. Media Ilm. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 10, no. 2, pp. 20–27, 2022, doi: 10.58645/eksperimental.v10i2.219.

N. Supratmi, “MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT KONFRONTATIF,” J. Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 75–79, 2011.

Leorince, Y. V. Fernando, A. Bayage, and R. A. Laka, “Kualitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mendidik Generasi Z di Era Digital,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 5, pp. 6775–6787, 2022.

S. Hartini, “Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap,” Indones. J. Educ. Manag. Adm. Rev., vol. 3, no. 1, p. 4, 2019.

J. Sari, R. Tidore, and Y. Umasugi, “Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” J. JBES Jaournal Biol. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 41–49, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes.

M. Munani, D. Stiani, N. Alfiah, R. Rosilah, and S. Watini, “Implementasi Model SIUUL dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 5, pp. 3092–3098, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i5.1955.

S. Sugiarto et al., “Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Program Bimbingan Belajar pada Siswa SD Kristen Upunyor,” J. Masy. Madani Indones., vol. 2, no. 4, pp. 406–410, 2023, doi: 10.59025/js.v2i4.150.

R. Oktavianus Ebu, K. Ermalina Susanti, and Y. Belen Keban, “PERAN GURU PAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAK ST. DARIUS LARANTUKA,” JAPB J. AGAMA, PENDIDIKAN, DAN BUDAYA, vol. 2, no. 1, pp. 66–75, 2021.

W. Somayana, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM,” J. Pendidik. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 350–361, 2020, doi: 10.36418/japendi.v1i3.33.

E. F. Saragih, H. Laili, M. E. Vanda, M. R. Siregar, R. A. S. Sagala, and W. Wasiyem, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar X di Kota Medan,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 3, pp. 2419–2422, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i3.3709.

R. M. I. Saefulmilah and M. H. M. Saway, “HAMBATAN-HAMBATAN PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SMA RIYADHUL JANNAH JALANCAGAK SUBANG,” J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 3, pp. 393–404, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i4.4572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.