The Rise of Gen-Z; Pelatihan Usaha Mie Ayam By-AM di Desa Kacung

Rindu Handayani, Ratno Purnamasari

Abstract


Giat usaha kecil menengah semakin hari semakin meningkat. Indonesia mempunyai potensi pertumbuhan wirausaha yang besar karena jumlah penduduk yang besar dan konsumsi masyarakat yang tinggi. Desa Kacung, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memiliki berbagai macam usaha kreatif. Kopiah resam, peci khas Bangka Belitung, juga diproduksi di daerah ini. Umumnya, kegiatan usaha biasanya digeluti oleh sekelompok orang atau individual dengan usia yang relatif lebih tua. Berdasarkan interview kepada Kepala Desa Kacung, belum ada young entrepreneur yang sukses menjalankan bisnis dalam industry kreatif serta Food & Beverages. Kegiatan pengabdian berlangsung selama satu hari, yakni dimulai dari pukul 08.00 – 14.00 WIB. Pelaksanaan kegiatan bertempat di rumah adat Desa Kacung yang juga berada tepat di sebelah kantor Desa Kacung. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang remaja desa Kacung. Mereka terdiri dari karang taruna dan pegawai kantor desa Kacung. Hasil dari pengabdian ini adalah Karang Taruna Desa Kacung yang sudah memiliki koperasi desa akan melanjutkan usaha Mie Ayam Bayam dengan dibantu oleh pegawai kantor desa
Kata kunci: Usaha Mie Ayam, wiraswasta, usaha desa

Full Text:

PDF

References


L. Arafeh, “An entrepreneurial key competencies’ model,” J Innov Entrep, vol. 5, no. 1, Dec. 2015, doi: 10.1186/s13731-016-0048-6.

“STRATEGI NASIONAL KEWIRAUSAHAAN PEMUDA.”

E. Cahyono, W. Syafitri, and Susilo, “Ethnicity, Migration, and Entrepreneurship in Indonesia,” vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2021, [Online]. Available: https://jiae.ub.ac.id/

A. Fikri and D. A. Maulana, “Mendorong Semangat Berwirausaha Melalui Pelatihan Service Berkala Sepeda Motor (Studi Kasus Desa Tinggar),” 2021.

R. Handayani, F. Kurnia, and S. Priyansah, “Empowerment of women farming group of Ketapang village through black turmeric agropreneur,” Community Empowerment, vol. 7, no. 5, pp. 823–829, May 2022, doi: 10.31603/ce.6334.

A. I. Faris et al., “MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA WANITA DI DESA SONOADI MELALUI SEMINAR KEWIRAUSAHAAN SONOADI,” Journal of Community Service, vol. 2, no. 4, 2020.

D. Cahyani Pangestuti, H. Nastiti, R. Husniaty, and U. Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Untuk Berwirausaha Di Wilayah Depok,” 2022. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

V. A. Rahmi and R. A. Hidayati, “Efektivitas Pelatihan Keterampilan Dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Wanita Melalui Motivasi Diri Berwirausaha,” JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), vol. 4, no. 1, p. 1, Jan. 2019, doi: 10.32503/jmk.v4i1.350.

A. Muttaqiyathun and E. Nurmaya, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Generasi Z Analysis of Factors that Influence Interest in Entrepreneurship in Generation Z.”

R. Melyani, “MINAT BERWIRAUSAHA PADA GENERASI Z DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.”

A. Purnomo et al., “GENERASI Z SEBAGAI GENERASI WIRAUSAHA.” [Online]. Available: https://www.mckinsey.com/industries/consumer-

S. Oktapiani et al., “Serli Oktapiani, et al. Meningkatkan Young Enterprenership dan Creative Enterprenership di SMKN 2 Sumbawa Besar MENINGKATKAN YOUNG ENTERPRENERSHIP DAN CREATIVE ENTERPRENERSHIP DI SMKN 2 SUMBAWA BESAR IMPROVING YOUNG ENTREPRENEURSHIP AND CREATIVE ENTREPRENEURSHIP IN SMKN 2 SUMBAWA BESAR.”

M. Hasan, N. Shofa, I. Thaief, M. Ihsan, S. Ahmad, and T. Tahir, “Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Bagaimana Pengetahuan Kewirausahaan Mempengaruhi Minat Berwirausaha Generasi Z melalui Efikasi Diri?,” vol. 9, no. 2, pp. 300–313, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU

W. Warsiati, T. Sudrartono, I. Aliansi Zahra, A. Keuangan, P. Piksi Ganesha Bandung, and K. Akutansi, “MENUMBUHKAN MINAT USAHA MELALUI AFILIATE MARKETING BAGI GENERASI Z DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT,” 2021. [Online]. Available: https://www.lazada.co.id/lazada-affiliate-program

T. Francis and F. Hoefel, “generation-z-and-its-implication-for-companies”.

A. VITELAR, “Like Me: Generation Z and the Use of Social Media for Personal Branding,” Management Dynamics in the Knowledge Economy, vol. 7, no. 2, pp. 257–268, 2013, doi: 10.25019/MDKE/7.2.07.

B. Chillakuri, “Understanding Generation Z expectations for effective onboarding,” Journal of Organizational Change Management, vol. 33, no. 7, pp. 1277–1296, Dec. 2020, doi: 10.1108/JOCM-02-2020-0058.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i1.3811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.