Peran Media Video Animasi Stunting Terhadap Pemahaman Stunting Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, Lampung

Cita Martini, Tina Kartika, Anna Gustina Zainal

Abstract


Stunting menjadi perhatian utama pemerintah karena dampaknya yang signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia. Stunting adalah gangguan pertumbuhan anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang mengakibatkan tinggi badan anak di bawah standar Kementerian Kesehatan. Menurut UNICEF, stunting dapat menyebabkan masalah jangka panjang, seperti penurunan kemampuan kognitif dan peningkatan risiko penyakit degeneratif. Di Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, Lampung, Tim Pendamping Keluarga (TPK) berperan penting dalam mengatasi stunting dengan memberikan edukasi dan pemantauan kepada keluarga berisiko. Namun, pemahaman TPK tentang stunting masih terbatas, yang menghambat efektivitas mereka. Untuk mengatasi masalah ini, penyuluh KB dari BKKBN melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) pada 22 November 2023, melibatkan 22 anggota TPK yang terdiri dari kader PKK dan kader KB. Penyuluhan menggunakan media video animasi untuk meningkatkan pengetahuan TPK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi untuk meneliti peran video animasi dalam meningkatkan pemahaman TPK, dengan pengumpulan data melalui kuesioner pretest dan posttest serta wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta sebesar 26,45%. Sebanyak 27,3% anggota TPK merasa video animasi sangat membantu, sementara 72,7% merasa bermanfaat. Peserta menghargai format media yang menarik dan mudah diakses. Mereka menginginkan sesi mendatang yang lebih bervariasi dan menyarankan tambahan materi, seperti leaflet, untuk memperkaya pengalaman belajar mereka. Ini menunjukkan pentingnya mempersiapkan TPK sebagai mitra dalam mengatasi masalah stunting di komunitas mereka.

Kata kunci : animasi, penyuluhan, stunting,

Full Text:

PDF

References


Nurlinda, N., & Sari, R. W. (2021). Pengaruh penyuluhan dengan media animasi pencegahan stunting terhadap pengetahuan dan sikap calon pengantin. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(3), 372-376.

Ginting, S., Simamora, A. C., & Siregar, N. (2022). Pengaruh penyuluhan kesehatan dengan media audio visual terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam pencegahan stunting di Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 8(1), 390-399.

Purnamasari, N. I. W., Supariasa, I. D. N., Komalyna, I. N. T., & Riyadi, B. D. (2022). Pengaruh Penyuluhan Gizi dengan Media Animasi Pencegahan Stunting terhadap Pengetahuan dan Sikap Pengurus Insan Genre Majapahit. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(12), 1578-1584.

Munar, A., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155-164.

Suryani, S., & Nadia, N. (2022). Peran Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Ibu Hamil. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 2(1), 37-47.

Rahayu D, Dewi O, Alamsyah A, Nurlisis N, Muryanto I. Efektivitas Penyuluhan dengan Media Video dan Booklet dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut Balita. Jurnal Kesehatan Komunitas. 2021;7(3):316–22.

Putri BDY, Herinawati H, Susilawati E. Pengaruh Promosi Kesehatan Tentang Bounding Attachment Berbasis Video Animasi Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT). 2021;1(3):155–61.

Dewi, B., Dewi, Z., & Hariati, N. W. (2023). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Animasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Stunting. Jurnal Riset Pangan dan Gizi, 5(1), 14-25.

Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai Upaya menanggulangi pandemi Covid-19.Epistema, 2(1), 1-10.

Lacković, N., & Olteanu, A. (2020). Rethinking educational theory and practice in times of visual media: Learning as image-concept integration. Educational Philosophy and Theory, 53(6), 597–612.

Sharif, I., Wills, T. A., & Sargent, J. D. (2010). Effect of Visual Media Use on School Performance: A Prospective Study. Journal of Adolescent Health, 46(1), 52–61. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2009.05.012

Ezran Fishman, Optimal Video Length: How Long Should A Marketing Video Be? https://wistia.com/learn/marketing/optimal-video-length.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i4.3733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.