Pelatihan Penyusunan Komponen Informasi Pada Label Kemasan Produk Makanan Kering Bagi UMKM di Kota Tangerang Selatan

Satrio Kuntolaksono, Intan Findanavy Ridzqo, Aliviana Demami

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada pelatihan komponen informasi terkait kemasan produk makanan kering UMKM di Kota Tangerang Selatan. Sebanyak 16 pelaku UMKM menjadi perserta yang direkomendasikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Selatan dan komunitas UMKM Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI). Tim pelaksana pengabdian masyarakat terdiri dari tiga orang dosen dengan dibantu oleh lima orang mahasiswa. Sebanyak 16 pelaku UMKM dengan masing-masing satu buah produk unggulan mengikuti kegiatan pelatihan yang dibagi menjadi lima kelompok bimingan bersama mahasiswa. Kegiatan diawali dengan persiapan area kerja pelatihan yang dilengkapi dengan peralatan. Selanjutnya, kegiatan utama pelatihan terdiri dari pengukuran produk ke dalam kemasan, praktik pengambilan foto dan edit foto kemasan, penulisan story selling dan pemasukan data label kemasan, dan yang terakhir yaitu hasil evaluasi kegiatan melalui pengisian kuesioner. Peserta UMKM melakukan pengisian kuesioner awal dan akhir. Dari hasil pengukuran melalui kuesioner awal yang dibandingkan dengan kuesioner akhir dapat disimpulkan bahwa peserta UMKM mengalami pemahaman yang jauh lebih baik dibandingkan saat sebelum pelaksanaan kegiatan. Harapannya setelah kegiatan ini akan adanya program berkelanjutan mengenai tentang improvisasi desain baru, teknik pemasaran di era digitalisasi dan jurus untuk meraih pasar ekspor. Sehingga, para peserta UMKM bisa terus memperbaharui, mencari peluang baru, serta menambah penghasilan dari usaha UMKM tersebut.

Kata kunci : Informasi, label kemasan, makanan kering, UMKM, Kota Tangerang Selatan

Full Text:

PDF

References


Kementrian KUKM. (2021). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Usaha Besar. www.depkop.go.id, 2000(1), 1. http://www.depkop.go.id/data-umkm

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., dan Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Lambertus, L. dan Hyronimus, S. (2022). Pelatihan Manajemen Kewirausahaan sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pelaku UMKM di Kecamatan Kota Baru Kabupaten Ende. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 6(1), 48-54. https://doi.org/10.35906/resona.v6i1.841

Fritsch, M. and Meschede, M. (2001). Product Innovation, Process Innovation, and Size. Review of Industrial Organization, 19(3), 335-350. https://doi.org/10.1023/A:1011856020135

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan Produk ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. STIE Semarang, 4(3), 19-28.

Aksoy, H. (2007). How Do Innovation Culture, Marketing Innovation and Product Innovation Affect the Market Performance of Small and Medium-Sized Enterprises (SMEs)?, Technology in Society, 51, 133-141. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2017.08.005

Joly, P. B. (2019). Chapter 2 - Reimagining Innovation, S. Lechevalier (e.d.), Innovation Beyond Technology, Creative Economy, pp. 25-45. https://doi.org/10.1007/978-981-13-9053-1_2




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i3.3652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.