Mengoptimalkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil & Menengah “Terserah” Dengan Sistem Pemasaran Online

Dedi Rianto Rahadi, Rizal Pernanda, M. Maulana Nugraha, Ahmad Azi Akbar

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah berkembang sangat pesat, tetapi memiliki beberapa kekurangan, diantaranya dalam strategi pemasaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan meningkatkan penjualan secara online. Metodelogi yang digunakan dalam pengabdian masyarakat melalui pemberian pelatihan dan pendampingan secara langsung kepada sector UMKM, khususnya UMKM “TERSERAH”. Tujuan pengabdian masyarakat memberikan proses pembelajaran dan pelatihan bagaimana memperkenalkan produk UMKM melalui media sosial secara optimal. Produk UMKM “TERSERAH” meliputi minuman mocktail yang terdiri dari beberapa campuran dengan rasa yang segar. Pendekatan yang digunakan dengan memberikan pendampingan dan pelatihan, yaitu bagaimana melakukan pemasaran secara online melalui media sosial. Hasil pelatihan dan pendampingan menghasilkan UMKM “TERSERAH” telah memiliki media pemasaran secara online berbasis media sosial. Selanjutnya perlu dilakukan evaluasi agar penggunaan media sosial dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Keyword: Meningkatkan, Daya saing, UMKM “TERSERAH”, Pemasaran Online.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i4.2458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.