Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan Pemasaran Digital Pada Bank Sampah Tangguh Dusun Wonosuko Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang

Betari Maharani, Soni saputra, Attalah Putra Perdana, Diva Erlina

Abstract


Peningkatan penyusunan laporan keuangan di bank sampah merupakan pengembangan kemampuan pembelajaran masyarakat Dusun Wonosuko yang menjadi tempat dimana warga menabung atau istilah lainnya menabung dalam bentuk sampah yang dikelompokan sesuai jenisnya. Metode yang digunakan yaitu melakukan observasi di lokasi, diskusi mengenai masalah yang dihadapi di bank sampah, membuat program untuk menyelesaikan masalah, melakukan pelatihan dan pendampingan. Hasil yang diperoleh yaitu, 1) kegiatan diskusi masalah yang dihadapi berjalan dengan baik yang dilaksanakan secara langsung, 2) Pelatihan secara langsung terdiri dari pelatihan administrasi, pembukuan keuangan dan pemasaran digital. 3) Pada tahap terakhir kegiatan pendampingan, yakni pembelian layanan konsultasi implementasi kegiatan admnistrasi, pembukuan keuangan bank sampah dan pemasaran digital. Hasil kegiatan pengabdian adalah pengelola mulai meimplementasikan sistem administrasi dan pembukuan keuangan yang lebih baik. Saat ini, pengelola mengetahui cara mengoperasikan sistem media sosial seperti facebook dan instgaram untuk pemasaran produk bank sampah.

Kata kunci: laporan keuangan, pemasaran digital, bank sampah

Full Text:

PDF

References


Fahmi M, Chair M. IKN, Tantangan Kelola Sampah – Standar Minimal Harus Berjalan: Kementerian Lingkungan Hidup; 2022 [Available from: https://bsilhk.menlhk.go.id/index.php/2022/06/02/ikn-tantangan-kelola-sampah-standar-minimal-harus-berjalan/.

Dewi RP. Studi Potensi Pemanfaatan Sampah Organik Tpa Banyuurip Tegalrejo Sebagai Salah Satu Sumber Energi. Jurnal Teknik Mesin. 2017;6(3):32-40.

Selomo B, Mallongi M. Bank Sampah Sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah Di Kota Makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Jurnal Public Heal. 2016;12(4):232-40.

Prihatin Z. Pengelolaan Sampah Bisa Hasilkan Pendapatan Ekonomi yang Tinggi: Kompas; 2022 [Available from: https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/21/18020.

Maharani B, Fendisty A, Masjidin U, Ardiyan D, Rizky N, Hidayah N. Pelatihan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Kterampilan Pelaku UMKM di Desa Srumbung Magelang. PengabdianMU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2021;6(4):34-40.

Maharani B, Saputri A, Wardani A, Astuti W, A’idah W, Pangestu F. Penyuluhan dan Pelatihan Pemasaran Digital, Administrasi Keuangan dan Hak Kekayaan Intelektual Bagi Pelaku UMKM di Desa Madyocondro. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022;1(1):60-8.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i3.2447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.