Kampanye Pemasaran Sosial Penggunaan Energi Surya Menghadapi Perubahan Iklim Di Indonesia

Nufian Febriani, Fitria Avicenna, Pratisara Bumi

Abstract


Kampanye Pemasaran Sosial Penggunaan Energi Surya Menghadapi Perubahan Iklim Di Indonesia ditujukan untuk Meningkatkan jumlah partisipasi publik/masyarakat terkait penggunaan energi surya sebagai energi alternatif pengganti energi berbahan fosil seperti yang disediakan PLN (Perusahaan Listrik Negara). Bekerjasama dengan Pratisara Bumi yang fokus pada pelestaraian lingkungan termasuk perhatian pada penurunan penggunaan fosil dan penggunaan energi baru terbarukan di Indonesia. Melalui komunikasi lingkungan, tim penulis dapat merencanakan strategi melalui produk komunikasi dan media untuk mendukung pembuatan kebijakan yang efektif, mengajak partisipasi masyarakat, mengimplementasikan proyek-proyek kelestarian lingkungan serta meningkatkan hubungan pemerintah dalam melakukan advokasi untuk mendorong suatu kebijakan yang pro terhadap isu lingkungan khususnya penggunaan energi terbarukan melalui panel surya.

Full Text:

PDF

References


Vlaev I, King D, Darzi A, Dolan P. Changing health behaviors using financial incentives: A review from behavioral economics. BMC Public Health. 2019;19(1):1–9.

Berry R, Kassavou A, Sutton S. Does self-monitoring diet and physical activity behaviors using digital technology support adults with obesity or overweight to lose weight? A systematic literature review with meta-analysis. Obes Rev. 2021;22(10):e13306.

Rundle-Thiele S, David P, Willmott T, Pang B, Eagle L, Hay R. Social marketing theory development goals: an agenda to drive change. J Mark Manag. 2019;35(1–2):160–81.

Fry ML, Brennan L, Previte J. Engaging dissensus: Innovating social change. In: Stakeholder Involvement in Social … [Internet]. Routledge; 2020. p. 89–107. Available from: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=IhcHEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA89&dq=wicked+problem&ots=NKJLyKxZjO&sig=1FkRzgNeeqw68Xe6GotNAr0rPR4

Rahmah A. Pembahasan Masalah Sosial dengan Pendekatan Post Disciplinary. J Teknol Terpadu. 2019;2(1).

Lykke N. Passionately posthuman: From feminist disidentifications to postdisciplinary posthumanities. In: A Feminist Companion to the Posthumanities. Springer; 2018. p. 23–33.

Sudikan SY. Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, Dan Transdisipliner Dalam Studi Sastra. Paramasastra. 2015;2(1).

Lubis AY. Relevansi Pendekatan Posdisipliner Pada Kajian Stratejik Global dan Revolusi Industri" 3.0"," 4.0". J Kaji Strat Ketahanan Nas. 2019;2(1):41–54.

Stegeman JJ, Brouwer M, Di Giullo RT, Förlin L, Fowler BA, Sanders BM, et al. Molecular responses to environmental contamination: Enzyme and protein systems as indicators of chemical exposure and effect. In: Biomarkers: Biochemical, Physiological, and Histological Markers of Anthropogenic Stress. CRC Press; 2018. p. 235–335.

Kumar B. Sustainability marketing and its outcomes: A discussion in the context of emerging markets. Strateg Mark Issues Emerg Mark. 2018;327–41.

Greenfield S, Veríssimo D. To What Extent Is Social Marketing Used in Demand Reduction Campaigns for Illegal Wildlife Products? Insights From Elephant Ivory and Rhino Horn. Soc Mar Q. 2019;25(1):40–54.

Tarlo H, Tucker J. Cross Multi Inter Trans: a contextual introduction. Green Letters. 2019 Jul 3;23(3):219-30.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v7i1.2434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.