Transformasi Lembaga Keuangan di Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Tujuan dari webinar ini adalah memberikan pengetahuan tentang bagaimana sebuah financial institution terutama dibidang multifinance bertransformasi dengan mengintegrasikan system yang saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain dalam membuat ketupusan. Seperti yang kita tahu di era industry 4.0 adalah sebuah era di mana teknologi mengambil peran hampir seluruh aktivitas perekonomian. Banyak sekali bisnis dari berbagai bidang yang mengubah model bisnisnya dari tradisional menjadi digital sebagai langkah strategis yang harus diambil untuk tetap tumbuh dan bertahan pada era ini. Transformasi implementasi peruhaban pada bisnis model menjadi tantangan bagi perusahaan, oleh karena itu komitmen dan dukungan dari berbagai pihak diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis. Pada pembelajaran ini mengundang praktisi yang berkompeten dibidang informasi dan teknologi untuk membagikan pengalamannya terkait dengan perubahan perusahaan financial di era 4.0. Masyarakat secara umum memperoleh pengetahuan mengenai banyak hal tentang bagaimana bentuk serta proses penyesuaian yang dilakukan institusi financial terutama perusahaan pembayaran dalam membuat sebuah trasformasi yang efisien dan efektif.
Full Text:
PDFReferences
Alfi, A. N. (2021). Riset Jenius: Selama Pandemi Penggunaan Digital Banking Melonjak 83 Persen.
Andhayani, D., Harianto, & Achsani, N. A. (2009). Pengembangan Model Credit Scoring Untuk Proses Analisa Kelayakan Fasilitas Kredit. Manajemen & Agribisnis, Vol. 6, pp. 65–73.
Hadi, A. M., & Hmood, S. J. (2020). Analysis of the role of digital transformation strategies in achieving the edge of financial competition. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 19–40.
Irso. (2020). Dirjen PPI: Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital.
Johan, S. (2021a). Enchanced Financial Business Competitiveness by Leveraging Technology and Innovation. CommIT (Communication and Informatoin Technology, 15(2), 79–89. https://doi.org/10.21512/commit.v15i2.6968
Johan, S. (2021b). Peer-to-peer Lending’s Customer Profile: Empirical Research on Indonesia’s Financial Technology Market. Southeast Asian Journal of Economics, 9(1), 103–120.
Mutiasari, A. I. (2020). PERKEMBANGAN INDUSTRI PERBANKAN DI ERA DIGITAL Annisa Indah Mutiasari 1 Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni, Universitas Sahid Surakarta. IX(2), 32–41.
Nambisan, S., Wright, M., & Feldman, M. (2019). The digital transformation of innovation and entrepreneurship: Progress, challenges and key themes. Research Policy, 48(8), 103773. https://doi.org/10.1016/j.respol.2019.03.018
Rahadipada, D. (2020). Transformasi Industri 4.0 Permudah Sektor Manufaktur Hadapi Pandemi. Kemenperin.
Warta Ekonomi Academy. (2020). Accelerate Digital Innovation And Digital Transformation In The Era Of Digital Bank 4.0.
Winasis, S. (2020). Transformasi Digital di Industri Perbankan Indonesia : Impak pada Stress Kerja Karyawan. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 7(1), 55–64. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v7i1.3162
DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v8i1.2326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.