PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI INDIKATOR PELAYANAN RAWAT INAP BERBASIS WEBSITE DI RUMAH SAKIT

Irpan Ali Rahman

Abstract


Penggunaan Teknologi Sistem Manajemen  Informasi Rumah Sakit  perlu ditingkatkan guna mendorong keberhasilan dalam proses Mutu Pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat, akurat,sehingga dapat digunakan sebagai pendukung dalam pengambilan keputusan. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan aplikasi Sistem Informasi Indikator Pelayanan Rawat Inap Berbasis Web kepada Kepala Ruangan di Rumah Sakit, Komite Keperawatan,Bidang Keperawatan, Mutu Keperawatan, Direktur dan Wakil Direktur.Sistem ini memudahkan dalam proses perhitungan data Pasien, rekapitulasi data, nilai ideal (BOR, BTO, TOI, AVLOS, NDR dan GDR) data terintegrasi ini dapat dijadikan sebagai tindak lanjut pengambilan keputusan dan kebijakan oleh manajemen Rumah Sakit. Tahapan dalam menerapkan aplikasi ini meliputi (1) pengamatan masalah, (2) Perancangan Aplikasi, (3) penerapan teknologi, (4) pelatihan mitra dan (5) pendampingan. Hasil penerapan aplikasi Sistem Informasi Indikator Pelayanan Rawat Inap Berbasis Web yakni dapat meningkatkan kompetensi kepala ruangan dalam dalam peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Selain itu, pihak manajemen dapat dengan mudah melakukan kontroling untuk setiap ruangan dengan menggunakan aplikasi.

Kata kunci : Indikator Pelayanan; Sistem Informasi; Rawat Inap; Rumah Sakit


Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. Klasifikasi Rumah Sakit. 2010;116.

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 82 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan. 2013;(87):1–36.

Rahman IA, Inayah I, Rohayani L, Keperawatan S, Jenderal S, Yani A. HIJP : HEALTH INFORMATION JURNAL PENELITIAN Pengembangan Rancangan Aplikasi Perhitungan Indikator Pelayanan Rawat Inap Berbasis Komputer di Rumah Sakit Ciamis. 2020;12(1):53. Available from: https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/HIJP

Ferlinda ED, Ribawanto H, Administrasi FI, Brawijaya U. IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ( Studi pada PT Telkom Banyuwangi ) Jurnal Administrasi Publik ( JAP ), Vol . 1 , No . 4 , Hal . | 1 Pendahuluan Di era global ini dengan semakin beraneka ragam pelayanan maupun. 1(4):1–9.

KOMINFO R. Pedoman_Sekjen_No.1_Tahun_2018_tentang_Tata_Kelola_Teknologi_Informasi_di_lingkungan_Kemkominfo_1086.pdf. 2018.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.2126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.