Edukasi Pembuatan Dapur MPASI Darurat Bencana

Yuna Trisuci Aprillia, Fitria Sari, Miftahul Jannah, Nafszaqyah Desma Putri

Abstract


Indonesia secara geografis dan demografis daerah rentan terhadap terjadinya bencana alam dan bencana non alam, termasuk potensi bencana akibat konflik social dan pandemi COVID-19 seperti saat ini. Kondisi ini dapat berdampak pada perubahan status gizi korban bencana khususnya kelompok rentan yaitu bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui dan lanjut usia. Bantuan makanan yang sering terlambat, tidak berkesinambungan dan terbatasnya ketersediaan pangan lokal dapat memperburuk kondisi yang ada. Masalah lain yang seringkali muncul adalah adanya bantuan pangan dari dalam dan luar negeri yang mendekati atau melewati masa kadaluarsa, tidak disertai label yang jelas, tidak ada keterangan halal serta melimpahnya bantuan susu formula bayi dan botol susu. Masalah tersebut diperburuk lagi dengan kurangnya pengetahuan dalam penyiapan makanan buatan lokal khususnya untuk bayi dan balita. Di situasi darurat bencana penyediaan dapur MPASI dibutuhkan dan sering terabaikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini, penyampaian materi edukasi kepada Relawan dan masyarakat umum yang peduli dengan dengan kebencanaan dilakukan pada hari Jum’at, 24 Desember 2021 dilaksanakan secara virtual melalui zoom dan Youtube. Berdasarkan hasil evaluasi sebagian besar peserta menyatakan baik  terhadap materi, pemateri, waktu pelaksanaan maupun panitia penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat. Luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini adalah Dokumentasi Pelaksanaan Video kegiatan, Peningkatan Pengetahuan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Theophilus Yanuarto. Hingga Akhir Juni 2020, Jumlah Kejadian Bencana Alam Lebih Rendah dari 2019. BNPB, 2020, https://bnpb.go.id/berita/hingga-akhir-juni-2020-jumlah-kejadian-bencana-alam-lebih-rendah-dari-2019- (2020).

Kemenkes KKRI. Pedoman kegiatan gizi dalam penanggulangan bencana. 2012.

dr. Yeni Purnamasari MKM DKDD. Pentingnya PMBA yang Tepat dan Adekuat di Situasi Bencana. ZNews, 2020, https://znews.id/2020/01/09/pentingnya-pmba-yang-tepat-dan-adekuat-di-situasi-bencana/ (2020).

Guidance O, Staff ER, Managers PW. Infant and Young Child Feeding in.

Aprillia YT, Nugraha S, Mawarni ES. Efektifitas Kelas Edukasi Makanan Pendamping Asi ( Mp-Asi ) Dalam Peningkatan Pengetahuan Ibu Bayi. 2019; 9: 126–133.

Emergency Nutrition Network (ENN), 32, Leopold Street Oxford, OX4 1 TW U. Pemberian Makan Infant and Young bagi Bayi dan in Child Feeding Balita dalam Emergencies Situasi Darurat. 1865.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.1912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.