Edukasi Pemanfaatan Biji Kelor Sebagai Pasta Gigi Kepada Pendamping Lansia di Masa Pandemi Covid 19

sugiyanto sugiyanto, Wibowo Wibowo, Venny Kurnia Andika

Abstract


Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, dikarenakan dapat mempengaruhi kualitas kehidupan, termasuk fungsi bicara, pengunyahan dan rasa percaya diri.terutama lansia. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Salah satu fungsi dari pasta gigi adalah memelihara kesehatan gigi. Tujuan dalam pengabdian masyarakat ini untuk mengenalkan potensi  dalam membuat pasta gigi untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut dimasa  pandemi. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kepada grup pendamping lansia meliputi 3 kegiatan antara lain:Tahap persiapan: melakukan pendekatan, persiapan bahan dan alat yang digunakan untuk pembuatan pasta gigi; Tahap pelaksanaan: memberikan edukasi kesehatan dan pelatihan terkait manfaat, cara penggunaan, dan penyebaran video; Tahap evaluasi dilakukan terhadap apresiasi grup. Hasil dari dilakukannya pengabdian adalah dapat berjalan baik dan lancar sesuai dengan yang telah dijadwalkan, hal tersebut sesuai dengan jumlah prosentase dengan nilai rata-rata 90% setuju dari google form pendamping lansia. Kesimpulan bahwa tujuan untuk meningkatkan pengetahuan terkait pemanfaatan biji kelor yang digunakan sebagai pasta gigi herbal khusus untuk lansia kepada para pendamping lansia dapat tercapai.

Kata kunci : Kesehatan gigi, Pasta gigi herbal, Biji kelor, Lansia


Full Text:

PDF

References


Ardiani, Ir., & Meilani, D. (2020). Pembuatan Sediaan Pasta Gigi dari Bahan Tumbuhan kepada Ibu PKK di Desa Sambirejo Timur Deli Serdang. Proseding Seminar Nasional, 258–261.

Asrina, R. (2019). Formula Stabil Pasta Gigi dari Ekstraks Etanol Daun Gamal (Gliricida sepium) Sebagai Pencegah Karies Gigi. Jurnal Farmasi Sandi Karsa, V(2), 99–104.

Astika, Y., Saputro, A., & Harismah, K. (2020). Formulasi Pasta Gigi Ekstrak Daun Jambu Biji dan Stevia Sebagai Antibakteri Alami . Toothpaste Formulation of Guava Leaf Extract and Stevia as Natural Antibacterial. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 26–34.

Jannah, M., Dzakiah, A. A., & Jumrawati. (2018). Inovasi Pasta Gigi Antiplak dan Antiseptik dari Daun Kemangi dan Daun Binahong. Journal Of Chemical Process Engineering, 03(01), 55–58.

Nurdianti1, L., Annissya, W. ., Pamela, Y. ., Novianti, E., Audina, M., & Kurniasari, E. (2016). Formula Sediaan Pasta Gigi Herbal Kombinasi Ekstrak Daun Sirih ( Piper betle ) dan Kulit Buah Jeruk Lemon ( Citrus limon) sebagai Pemutih dan Antiseptik pada Gigi. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husad, 16.

Utari, P. W. (2018). Pembuatan Pasta Gigi Herbal Berbahan Dasar Kalsium Karbonat (CaCO3) dari Cangkang Kerang Mutiara ( Pinctada maksima ). Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.52643/pamas.v5i2.1266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS)

 

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.