Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Kunjungan Pasien di RS. Bhayangkara TK II Jambi

Herawati Herawati, Alih Germas Kodiyat, Eka Yoshida

Abstract


ABSTRAK
Rumah Sakit saat ini tengah dihadapkan dengan era persaingan global diberbagai sektor kesehatan. Berdasarkan data satu dekade terakhir tepatnya 2002-2021 jumlah rumah sakit di Indonesia bertambah 169,73% menjadi 2.522 pada tahun 2021. Loyalitas dari pasien sangatlah penting bagi kelangsungan dan pertumbuhan sebuah Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran Rumah Sakit terhadap Loyalitas Kunjungan Pasien di RS. Bhayangkara TK II Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 170 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Cara pengambilan sampe dengan random sampling. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan univariat, bivariat dan multi variat.
Hasil analisis multivariat menunjukkan ada pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Kunjungan Pasien di RS adalah Pada variabel Harga(Price), nilai koefisien regresi (B) sebesar 0.858 dengan POR (Prevalence Odds Ratio) 2.360 dan interval kepercayaan 95% (0.868-6.415) serta p-value sebesar 0.093, variabel Promosi (Promotion) memiliki koefisien regresi (B) sebesar 0.799 dengan POR 2.224 dan interval kepercayaan 95% (0.929-5.326) serta p-value sebesar 0.073. variabel Produk(Product) memiliki koefisien regresi (B) sebesar 0.819 dengan POR 2.268 dan interval kepercayaan 95% (0.913-5.633) serta p-value sebesar 0.078 yang terbukti signifikan lebih kecil dari 0,05 Sementara itu, variabel Tempat(Place) memiliki koefisien regresi (B) sebesar 0.401 dengan POR 1.494 dan interval kepercayaan 95% (0.591-3.777) serta p-value sebesar 0.397.Hasil menunjukan terdapat pengaruh Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place) dan Promosi (Promotion) terhadap Loyalitas Kunjungan Pasien di RS Bhayangkara TK II Jambi
Kata Kunci : Loyalitas, Bauran Pemasaran, Rumah Sakit, Rawat Inap

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v9i4.7096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats