Hubungan Waktu Tunggu, Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais

Stillo Santhes, Cicilia Widiyaningsih, Nurhayati Nurhayati, Utami Asmarani

Abstract


Pendahuluan: Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak di jumpai dalam
peraktik pelayanan kesehatan. Lama waktu tunggu pasien dalam menentukan kualitas pelayanan
kesehatan merupakan salah satu hal penting dalam menentukan kualitas pelayanan Menganalisis
hubungan waktu tunggu dengan kualitas pelayanan pasien rawat jalan. Waktu tunggu adalah yang
dirasakan atau dipikirkan konsumen selama menunggu pelayanan yang diberikan oleh perusahaan
jasa. Waktu tunggu yang dirasakan jelas mempengaruhi kepuasan terhadap pelayanan. Konsumen
yang puas adalah pengguna jasa yang menganggap proses/waktu tunggunya cepat. Persepsi
seseorang dipengaruhi oleh faktor (kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, penampilan).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati,
penampilan serta faktor dominan yang mempengaruhi persepsi waktu tunggu. Tujuan: Mengetahui
adanya Hubungan waktu tunggu, Kualitas pelayanan demgan kepuasan pasien rawat jalan dipoliklinik
ongkologi Rumah Sakit Kanker Dharmasi.
Metode: Desain penelitian Cross Sectional. Penelitian dilakukan pada 200 responden secara acidental
Sampling.Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara factor Kehandalan,
Ketanggapan, Jaminan, Emapti, Penamilan.Hasil: Hasil uji statistik dengan Chi-Square α=0.05
didapatkan nilai p value yaitu 0,000 (p<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima,
maka dapat disimpulkan ada Hubungan antara Waktu tunggu kualiatas pelayanan dengan kepuasan
pasien rawat jalan dipoliklinik onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais Kesimpulan: Ada Hubungan
Antara Waktu tunggu kualiatas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan dipoliklinik onkologi
Rumah Sakit Kanker Dharmais
Kata Kunci : Waktu Tunggu,Kualitas Pelayanan,kepuasan pasien,Rawat jalan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v9i1.5903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats