Efektifitas Product, Price, Promotion, Place, and People Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Di Rumah Sakit Haji Jakarta
Abstract
Latar Belakang : Rumah Sakit Haji Jakarta diresmikan pada tanggal 12 November 1994. Rumah Sakit Haji Jakarta merupakan rumah sakit tipe B yang telah mampu memberikan pelayanan kesehatan baik kepada jamaah haji pada khususnya maupun masyarakat pada umumnya. Dari laporan tiga bulan pertama tahun 2023 diketahui kepuasan pasien di unit gawat darurat sebesar 81%. Nilai tersebut belum memenuhi standar minimal Keputusan Menteri nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Kesehatan Rumah Sakit, dimana kepuasan pasien mempunyai nilai ≥ 90%. Penelitian kuantitatif ini diharapkan dapat mengetahui efektivitas product, price, promotion, place, and people terhadap kepuasan pasien di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Haji Jakarta dalam satu waktu (bulan Juli 2023) dengan menggunakan metode studi cross-sectional dengan sistem simple random sampling di rumah sakit. unit gawat darurat RS Haji Jakarta pada 106 responden. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan pasien meningkat menjadi 84,8% pada bulan Juli 2023. Variabel yang memiliki hubungan dalam meningkatkan efektivitas kepuasan pasien di layanan IGD RS Haji Jakarta adalah product (0,021), price (0,663), promotion (0,407), place ((0,001), and people (0,004) dengan (p<0,05). Dan dapat disimpulkan pada penelitian ini place merupakan variabel yang mempunyai efektivitas paling tinggi dalam meningkatkan kepuasan pasien di unit gawat darurat RS Haji Jakarta yaitu jika pasien jika persepsinya baik maka tempat tersebut akan meningkatkan kepuasan pasien sebesar 7,505 kali lipat. Penelitian ini merekomendasikan untuk mempertahankan hal yang sudah memiliki nilai postif dalam menciptakan dan meingkatkan kepuasan pasien seperti petugas yang melayani cekatan dan layanan ambulance yang baik. Dan perlu memperbaiki hal yang dinilai belum atau perlu diperbaiki seperti sistem pembayaran dengan mengintegrasikan SIMRS diruang pelayanan, penunjang, dan administrasi serta menjalankan kegiatan promosi secara terstruktur dan berkesinambungan demi meningkatkan kepuasan pasien dalam menerima pelayanan.
Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Kepuasan Pasien, Unit Gawat Darurat, Rumah Sakit Haji Jakarta
Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Kepuasan Pasien, Unit Gawat Darurat, Rumah Sakit Haji Jakarta
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i4.5847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.