Hubungan Brand Image Terhadap Minat Kunjungan Ulang Layanan Poli Spesialis pada Pasien Umum RSIA Ilanur
Abstract
Latar Belakang: Rumah Sakit sebagai organisasi bisnis seyogyanya membentuk brand image perusahaan sebagai salah satu upaya manajemen pemasaran yang diterapkan dengan tujuan menetapkan strategi pemasaran, dalam menjaga loyalitas pasien dalam hal ini minat kunjungan ulang. Dimensi brand image yang akan diteliti meliputi identitas perusahaan, lingkungan fisik, tawaran pelayanan, dan kontak personel. Belum memuaskan peningkatan jumlah kunjungan pasien umum di poli spesialis RSIA Ilanur.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode cross sectional study. Responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 86 responden yang merupakan pasien rawat jalan poli spesialis di Rumah Sakit Ibu Anak Ilanur dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Hasil: Dalam analisa bivariat (Chi-square test), diperoleh hasil p=0.000 < p=0.05 bahwa keempat dimensi brand image mempengaruhi minat kunjungan ulang bagi pasien jaminan umum yang menjadi responden, dan analisa dilakukan dengan analisa multivariat ( uji regrei logistik berganda ). Dengan menilai hasil wald diperoleh hasil berikut corporate identity 8,328, physical environment 11,991, contact personnel 1,615, service offering 8,774
Kesimpulan :
Dengan ini dapat disimpulkan bahwa brand image memiliki pengaruh terhadap minat kunjungan ulang pada pasien umum RSIA Ilanur. Adapun dimensi yang lebih dominan yaitu physical environment.
Kata Kunci : brand image, kunjungan ulang, Ilanur, corporate identity, physical environment, contact personnel, service offering
Metode: Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode cross sectional study. Responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 86 responden yang merupakan pasien rawat jalan poli spesialis di Rumah Sakit Ibu Anak Ilanur dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Hasil: Dalam analisa bivariat (Chi-square test), diperoleh hasil p=0.000 < p=0.05 bahwa keempat dimensi brand image mempengaruhi minat kunjungan ulang bagi pasien jaminan umum yang menjadi responden, dan analisa dilakukan dengan analisa multivariat ( uji regrei logistik berganda ). Dengan menilai hasil wald diperoleh hasil berikut corporate identity 8,328, physical environment 11,991, contact personnel 1,615, service offering 8,774
Kesimpulan :
Dengan ini dapat disimpulkan bahwa brand image memiliki pengaruh terhadap minat kunjungan ulang pada pasien umum RSIA Ilanur. Adapun dimensi yang lebih dominan yaitu physical environment.
Kata Kunci : brand image, kunjungan ulang, Ilanur, corporate identity, physical environment, contact personnel, service offering
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i4.5314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats