Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang Tahun 2018

Agustina Susanti, megawati megawati, Yuniati Yuniati

Abstract


Peningkatan produktivitas dan kinerja tenaga kesehatan sangat penting dalam upaya meningkatkan efisiensi dari pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Agustus-Desember 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh perawat yang bekerja di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang yang berjumlah 101 orang yang masa kerja diatas 2 tahun. Sampel yang diambil sejumlah 50 orang, diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan wawancara dan observasi menggunakan kuesioner, dianalisis dengan Uji Regresi Logistik Berganda pada α = 0,05. Hasil dari uji statistik logistik berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel tanggunag jawab (p=0,027), prestasi kerja (p=0,048), hasil kerja (p=0,049), gaji (p=0,035), status (p=0,041) dan prosedur kerja (p=0,008) terhadap kinerja. Variabel prosedur kerja memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang dengan (Nilai Exp(B) sebesar 35,288). Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tanggung jawab, prestasi, hasil kerja, gaji, status dan prosedur kerja terhadap kinerja perawat.

Kata Kunci : Motivasi, Kinerja Perawat, Ruang Rawat Inap RSUD Deli Serdang


Full Text:

PDF

References


Flippo. Manajemen Personalia. 6th ed. Jakarta: Erlangga; 2000.

Kurniawati D, Solikhah . Hubungan Kelelahan Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit Islam Fatimah Kabupaten Cilacap. J Kesehat Masy (Journal Public Heal. 2016;6(2).

Awases MH, Bezuidenhout MC, Roos JH. Factors affecting the performance of professional nurses in Namibia. Curationis. 2013;36(1):1–8.

Nursalam. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. 4th ed. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Wirawan. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat; 2009.

Khamida, Mastiah. Kinerja Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Ilm Kesehat. 2015;8(2):154–61.

Suriana. Analisis Kinerja Perawat (Studi Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Uban provins Kepulauan Riau). 2014;1–21.

Gibson JL, Wahid D. Struktur Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM Universitas Indonesia; 2002.

Nursalam. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika; 2007.

Gomes FC. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset; 2000.

Mathis RL, Jackson JH. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat; 2002.

Juliani. Pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Kinerja Perawat Pelaksana di Instalasi Rawat Inap RSU dr. Pirngadi Medan Tahun 2007. Thesis Sekol Pascasarj Univ Sumatera Utara. 2007;

Singarimbun M, Effendi S. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES; 1998.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v3i2.528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats