Pengalaman Pasien Rawat Jalan dalam Menggunakan Sistem Pendaftaran Online di Rumah Sakit X Bandung

Agustina Hakim Safira, Sani Fitriyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji seberapa bahagia pasien rawat jalan dengan sistem registrasi online baru Rumah Sakit X Bandung. Pendekatan penelitian kualitatif berdasarkan analisis deskriptif digunakan. Informasi dikumpulkan dari pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Bandung menggunakan kuisioner tertutup. Menurut temuan tersebut, implementasi sistem pendaftaran online telah memberikan dampak positif terhadap kepuasan pasien, terutama dalam hal efisiensi dan kenyamanan proses registrasi. Namun, Namun, ada beberapa hal yang mungkin memerlukan beberapa pekerjaan, seperti kehandalan sistem dan ketersediaan informasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pihak manajemen rumah sakit untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan sistem pendaftaran online demi meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pasien di masa mendatang.

Full Text:

PDF

References


Tami Y, Sarwadhamana RJ, Sumarni. Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul. Indones J Hosp Adm. 2021;4(2):43–51.

Saputra MG, Kusdiana A, Suratmi, Yuniar I. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Online Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. J Heal Care. 2020;1(1):1–6.

Pohan AE. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah. Purwodadi: CV. Sarnu Untung; 2020.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta; 2005.

Kariema IH El, Siyoto S, Wardani R. Pendaftaran Pasien Rawat Jalan dengan Sistem Online di Pusat Pelayanan Kesehatan. Kediri: Strada Press; 2020.

Sihaloho NSRU, Herliana I. Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Mitra Keluarga. J Ilm Ilmu Keperawatan Indones. 2017;7(2):239–47.

Romliyadi, Isrizal. Analisis Faktor-Faktor Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Perawatan di Rumah Sakit Tahun 2022. J Kesehat Lentera ‘Aisyiyah. 2022;5(2):644–52.

Araujo EB de. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Regional Eduardo Ximenes Baucau Timor Leste Tahun 2022. J Rekam Medis Manaj Infomasi Kesehat. 2022;2(2):29–39.

Aulia G, Fadhilah H, Indah FPS, Pratiwi RD. Determinants of Patient Characteristics with Satisfaction Level of Outpatients Regarding Pharmaceutical Services in Pharmaceutical Installations of Rumah Sakit Umum Daerah Banten. Heal Med J. 1 Mei 2022;4(2):70–5.

Prasetyo AB. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendaftaran Online terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD dr. Soedirman Kebumen. Prospect J Manaj dan Akunt. 2022;21(3):152–62.




DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i4.4632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats