Hubungan Persepsi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit Santa Elisabeth Medan

Pestaria Saragih, Pomarida Simbolon, Sanggriani Mairanda Nainggolan

Abstract


Kepuasan adalah perasaan senang dan kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) dengan harapan atau ekspektasi yang berbeda- beda setiap orang, hal tersebut dikarenakan adanya faktor yang mempengaruhi kepuasan yaitu persepsi. Persepsi merupakan hasil dari pengalaman dan apa yang mereka dapatkan dalam layanan kesehatan nantinya mempunyai persepsi yang berbeda-beda tentang unsur penting dalam menentukan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan persepsi dengan kepuasaan pasien rawat inap di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan 2024. Rancangan penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini 95 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk kepuasan pasien dan persepsi. Analisa data menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian ini diperoleh tingkat kepuasan pasien 60 orang (63.2%), persepsi baik 63 orang (66.3%). Hasil uji statistik Chi-square diperoleh p-value 0.034 (p<0.05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2024. Dari hasil ini diharapkan kepada pihak Rumah sakit agar meningkatkan lagi tentang persepsi pasien tentang loyalitas dengan kepuasan pasien dilakukan dengan baik dalam memberikan pelayanan pada pasien rawat inap.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i3.4607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats