Pemasaran Digital di Rumah Sakit: Scoping Review

Ria Wijaya, Anhari Achadi

Abstract


Abstrak
Latar Belakang: Seiring dengan bertambahnya jumlah rumah sakit di Indonesia, persaingan antar rumah sakit tidak dapat dihindarkan, terutama antar rumah sakit swasta. Rumah sakit harus memperkenalkan pelayanan dan fasilitas kesehatan melalui strategi pemasaran yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan pemasaran digital. Besarnya cakupan penggunaan internet di Indonesia menjadikan pemasaran digital menjadi salah satu cara efektif dalam mempermudah komunikasi serta berinteraksi dengan pelanggan lebih cepat. Saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan teknologi digital, terutama internet dan smartphone sehingga memudahkan dalam mencari informasi. Pemasaran digital dapat digunakan di rumah sakit mempromosikan pelayanan kesehatan yang disediakan dengan inovatif dan kreatif. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran digital di rumah sakit. Metode: Penulisan scoping review ini dengan metode pencarian data yang sistematis menggunakan metode PRISMA. Data dikumpulkan dengan menggunakan keyword “Hospital Digital Marketing” dari kepustakaan online, seperti Google Scholar, Garuda, dan Sage Journals tahun 2019-2024. Setelah ditelaah berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, ada 9 artikel penelitian yang digunakan. Hasil dan Kesimpulan: Pemasaran digital dapat mempermudah rumah sakit dalam melakukan promosi. Pemanfaatan media sosial, website, dan aplikasi merupakan bagian dari pemasaran digital yang dapat meningkatkan brand awareness pasien terhadap rumah sakit. Keinginan pasien untuk berobat memiliki hubungan positif dengan pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran.
Kata kunci: pemasaran, rumah sakit, pemasaran digital.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i4.4463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats