Evaluasi Maturity Rating Assessment Terhadap Kinerja Maturitas Di RS Persahabatan Belum Optimal Tahun 2022

Magdalena Puji Indratni

Abstract


Penilaian Maturity Rating Badan Layanan Umum (BLU) terhadap kinerja maturitas sektor pelayanan kesehatan terhadap maturitas kinerja Badan Layanan Umum (BLU) melalui evaluasi Penilaian Maturity Rating BLU. Terbitnya Peraturan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-11/PB/2021, untuk menilai pencapaian kinerja dan penerapan tata kelola yang baik pada Badan Layanan Umum melalui penilaian tingkat maturitas. Penilaian menggunakan dua pendekatan utama, yaitu pengukuran berbasis hasil (result-based) dan pengukuran berbasis proses (process based) serta prinsip dasar penilaian terdiri atas lima tingkatan utama. Makalah ini bertujuan, untuk menganalisa hasil laporan evaluasi penilaian tingkat kematangan BLU oleh asesor independent dalam hal ini seluruh Bdan layanan umum dibawah pengawasan Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU (PPKBLU) dan Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan (Kanwil). Pelaksanaan evaluasi tingkat maturitas Tahun Anggaran 2023 terhadap penerapan tata kelola dan kinerja BLU Tahun Anggaran 2022. Hasil evaluasi Penilaian Maturity Rating menunjukkan tingkat maturitas RS Persahabatan berada pada level 3 (level Definied). Level ini, menunjukan kualitas kinerja layanan RS Persahabatan belum optimal. Terutama pada indikator aspek keuangan, aspek Inovasi dan aspek tata kelola dan kepemimpinan.

Kata kunci: Kinerja Maturitas, Penilaian Peringkat Maturitas BLU; pengukuran berbasis hasil (result-based) dan berbasis proses (process based); Tingkat Maturitas RS Persahabatan level 3 (level Definied);

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52643/marsi.v8i2.4441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats